Autis Bukan Penyakit

Autis Bukan Penyakit
Autis Bukan Penyakit
SELAMA ini begitu banyak stigma negatif tentang autis beredar di masyarakat. Ada yang bilang autis disebabkan santet, autis itu sama dengan gila, penyakit menular, dan prasangka-prasangka miring lainnya. Stigma tersebut muncul karena pemahaman masyarakat tentang autis ini masih sangat minim.

“Autis bukan penyakit, autis itu kondisi. Anak autis adalah anak yang mengalami gangguan dalam perkembangannya,” kata pendiri Masyarakat Peduli Autis Indonesia (MPATI) Gayatri Pamoedji SE MHc saat temu media di seminar Pola Asuh Tepat Bantu Anak Autis Hidup Mandiri, di Jakarta.

Untuk itu, disarankan oleh Gayatri, segera tangani anak autis dengan benar, pastikan bahwa mereka mendapatkan pengasuhan yang tepat. inti dari penanganan anak autis itu ialah diagnosa akurat, pendidikan tepat, dan dukungan kuat. “Membentuk  anak autis memang butuh kesabaran ekstra,” ujarnya.

Dalam hal diagnosa, dibutuhkan diagnosa yang tepat dan akurat oleh dokter ahli. Di mana yang bisa dijadikan patokan bahwa seorang anak mengalami autis, bisa dilihat dari tujuh ciri anak autis, dan jika anak mengalami dua atau lebih dari ciri tersebut, maka bisa dikatakan anak tersebut alami autis.

SELAMA ini begitu banyak stigma negatif tentang autis beredar di masyarakat. Ada yang bilang autis disebabkan santet, autis itu sama dengan gila,

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News