Beras Berjamur Sebabkan Kanker Hati

Beras Berjamur Sebabkan Kanker Hati
Beras Berjamur Sebabkan Kanker Hati
MEDAN - Masyarakat penerima beras miskin (raskin) diminta agar berhati-hati saat menerima beras tersebut. Pasalnya, ada kemungkinan raskin tersebut mengandung jamur aflatoksin yang jika dikonsumsi dengan intensitas tinggi, akan menyebabkan kanker hati.

Direkrut Utama Jaringan Kesehatan Masyarakat (JKM) Sumatera Utara, dr Delyuzar SpPA mengatakan, jika beras berjamur dikonsumsi dalam jumlah yang banyak dengan intensitas tinggi, besar kemungkinan pengkonsumsinya terkena afatoksikosis.

"Beras yang tak lagi berwarna putih dan telah hitam atau kekuning-kuningan pasti telah berjamur aflatoksin. Jika dikonsumsi dalam waktu yang lama akan menimbulkan sirosis yang menjadi benih terjadinya kanker hati," ujarnya seperti dilansir Sumut Pos (JPNN Group).

Tak hanya beras, kacang-kacangan juga bisa terkena jamur aflatoksin. Namun untuk kacang-kacangan, warna akan terlihat memudar. ketika terkena jamur .

MEDAN - Masyarakat penerima beras miskin (raskin) diminta agar berhati-hati saat menerima beras tersebut. Pasalnya, ada kemungkinan raskin tersebut

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News