Avian Berdayakan Masyarakat di Desa Wadungasih dalam Pengelolaan Sampah

Avian Berdayakan Masyarakat di Desa Wadungasih dalam Pengelolaan Sampah
Budi daya lele di Desa Wadungasih, Sidoarjo, Jawa Timur. Foto: dok. Avian

jpnn.com, SIDOARJO - PT Avia Avian Tbk  (Avian) berupaya untuk mengurangi sampah dan memberdayakan masyarakat di Desa Wadungasih, Sidoarjo, Jawa Timur, melalui kegiatan bertema 'Pemberdayaan Masyarakat untuk Pemanfaatan Sampah Bernilai Ekonomis'.

Kegiatan ini memiliki tujuan ganda, yaitu tidak hanya mengurangi sampah, tetapi memanfaatkannya untuk dikelola sehingga dapat meningkatkan pendapatan, serta taraf hidup masyarakat.

PT Avia Avian Tbk telah melakukan jaring aspirasi serta pemetaan secara menyeluruh sebelum menentukan program bersama yang disesuaikan dengan kebutuhan masyarakat Desa Wadungasih.

Pengelolaan sampah agar dapat bernilai ekonomis ini dilakukan melalui berbagai kegiatan, di antaranya pembuatan Pupuk Organik Cair (POC) dan pembuatan pupuk kompos menggunakan komposter aerob.

Pupuk-pupuk itu dimanfaatkan untuk kegiatan urban farming, yaitu pemanfaatan lahan terbatas untuk kegiatan pertanian sehingga dapat memenuhi konsumsi makanan bergizi dan mengurangi pengeluaran keluarga.

Pengelolaan sampah ini juga dilakukan dengan metode fermentasi dan dimanfaatkan sebagai pakan maggot yang nantinya akan dimanfaatkan menjadi makanan lele.

Dalam program CSR ini, PT Avia Avian Tbk menggelontorkan dana untuk penyediaan 6.000 ekor bibit lele termasuk pakan sekaligus pembuatan kolamnya.

Pembuatan lahan urban farming sekaligus penyediaan pupuk dan bibit sayurannya, 30 tempat sampah terpilah, 4 komposter aerob, 1 mesin pencacah daun, dan 60 kg maggot termasuk penyediaan biopond produksi dan pembuatan kandangnya.

Avian berupaya untuk mengurangi sampah dan memberdayakan masyarakat di Desa Wadungasih, Sidoarjo, Jawa Timur.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News