Awali Debat, Gus Imin Singgung Penguasa 500 Ribu Hektare Tanah Negara & Food Estate Gagal

Awali Debat, Gus Imin Singgung Penguasa 500 Ribu Hektare Tanah Negara & Food Estate Gagal
Cawapres bernomor urut 1 di Pilpres 2024 Muhaimin Iskandar menyampaikan paparannya dalam Debat Keempat Cawapres Pemilu 2024 di Jakarta Convention Center (JCC) Senayan, Jakarta, Minggu (21/1/2024) malam. Foto: Ricardo/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Cawapres bernomor urut 1 di Pilpres 2024 Muhaimin Iskandar membandingkan jutaan petani gurem berlahan minim dengan seseorang yang menguasai 500 ribu hektare tanah negara.

Gus Imin -panggilan akrab Muhaimin- melontarkan sidirian itu saat menghadiri Debat Keempat Cawapres Pemilu 2024 di Jakarta Conventuon Center (JCC) pada Minggu (21/1/2024) malam.

Dalam debat itu, cawapres pendamping Anies Baswedan itu mengawali paparannya dengan mengutip pendapat pendiri Nahdlatul Ulama (NU) Hadratussyeikh Hasyim Asy’ari tentang petani adalah penolong negeri.

“Akan tetapi, hari ini kita menyaksikan negara dan pemerintah abai terhadap nasib petani dan nelayan kita,” ujar Muhaimin.

Ketua umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) itu juga mengutip hasil sensus pertanian Badan Pusat Statistik (BPS) yang menunjukkan dalam 10 tahun terakhir ini jumlah rumah tangga petani gurem hampir 3 juta orang.

“Ini artinya 16 juta rumah tangga petani hanya memiliki tanah setengah hektare, sementara ada seseorang yang menguasai 500 ribu hektare sebagai kekuasaan yang diberikan negara kepadanya,” imbuhnya.

Wakil ketua DPR RI itu juga menyinggung soal proyek food estate. Muhaimin mengaku prihatin dengan pengadaan pangan nasional yang dilakukan melalui proyek di Kementerian Pertahanan (Kemenhan) itu.

Muhaimin pun membeber berbagai permasalahan yang disebabkan food estate. Menurut dia, proyek di kementerian pimpinan Prabowo Subianto itu tidak semestinya dilanjutkan.

Cawapres bernomor urut 1 di Pilpres 2024 Muhaimin Iskandar membandingkan jutaan petani gurem dengan seorang yang menguasai 500 ribu hektare tanah negara.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News