Awas, Ada Lonjakan Permintaan Narkoba Jelang Tahun Baru

Awas, Ada Lonjakan Permintaan Narkoba Jelang Tahun Baru
Kepala BNN Komjen Budi Waseso (berkaus biru) saat menanyani dua cewek yang terjaring razia di tempat hiburan malam di Kemang, Jakarta Selatan, Jumat (30/12) dini hari. Foto: Elfany Kurniawan/JawaPos.Com

jpnn.com - JPNN.Com - Kepala Badan Narkotika Nasional (BNN) Komjen Budi Waseso memprediksi peredaran narkoba meningkat signifikan jelang perayaan Tahun Baru 2017. Menurutnya, fenomena itu sudah umum terjadi dalam suatu perayaan yang melibatkan orang banyak.

Buwas -panggilan akrab Budi Waseso- mengatakan, BNN punya catatan soal lonjakan permintaan narkoba. Misalnya, belum lama ini BNN menangkap seorang ibu rumah tangga di Makassar yang membawa pesanan narkoba dari Jakarta.

“Mereka (bandar, red) memanfaatkan ibu rumah tangga dan cukup besar juga barang buktinya. Ini bukti jelang tahun baru permintaan (narkoba) pasti besar," katanya di sela-sela razia narkoba di Cafe Parc 19 Bistro Terrace, Kemang, Jakarta Selatan, Jumat (30/12) dini hari.

Karenanya upaya penanggulangan narkoba harus lebih galak dan melibatkan energi banyak pihak. Buwas mengaku sudah menggandeng semua lembaga lain.

Menurut Buwas, pihak-pihak yang digandeng BNN itu memiliki jaringan di setiap daerah dan sektor. Antara lain Polri, TNI, Direktorat Jenderal (Ditjen) Bea Cukai Kementerian Keuangan, Pangkalan Penjagaan Laut dan Pantai Kementerian Perhubungan, serta Kementerian Kelautan dan Perikanan. 

"Sekarang sedang bekerja. Beberapa sudah ada laporan. Mereka juga sudah punya target masing-masing disinkronisasi dengan target kami dengan kepolisian. Terus dibagi per wilayah hingga sektor sehingga tidak menumpuk dalam suatu tempat," jelas Buwas.

Mantan Kabareskrim Polri ini menuturkan, upaya mencegah peredaran narkoba di dalam negeri juga digencarkan. Antara lain merazia tempat hiburan malam dan penginapan.

Strategi itu cukup ampuh menekan peredaran narkoba. Karenanya, kata Buwas, BNN menggalakkan razia narkoba dadakan secara nasional sepanjang tahun baru ini.

JPNN.Com - Kepala Badan Narkotika Nasional (BNN) Komjen Budi Waseso memprediksi peredaran narkoba meningkat signifikan jelang perayaan Tahun Baru

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News