Awas! Ahli Ingatkan Jangan Kebanyakan Minum Air Kelapa, Berbahaya

Awas! Ahli Ingatkan Jangan Kebanyakan Minum Air Kelapa, Berbahaya
Pakar farmakologi dari Universitas Indonesia Prof. Dr. dr. Purwantyastuti, MSc, SpFK, mengingatkan untuk minum air kelapa secukupnya. Foto: ANTARA/Ahmad Fikri

jpnn.com, JAKARTA - Meminum air kelapa memiliki banyak kelebihan, namun jika dikonsumsi secara tepat.

Ahli farmakologi dari Universitas Indonesia Prof. Dr. dr. Purwantyastuti, MSc, SpFK, mengingatkan untuk minum air kelapa secukupnya agar tubuh tidak kelebihan kalium.

“Sebenarnya tidak ada cara meminum secara khusus, tetapi mesti diingat bahwa meskipun berfungsi mengatasi dehidrasi, sebaiknya jangan sampai air kelapa digunakan untuk memenuhi seluruh kebutuhan air dalam sehari (8-10 gelas)," papar Purwantyastuti di Jakarta, Sabtu (28/8).

Menurut dia, meminum air kelapa setiap hari sebaiknya dibatasi hanya satu hingga dua gelas. Pasalnya makanan yang dikonsumsi sehari-hari juga mengandung kalium.

Prof. Purwantyastuti mengingatkan kelebihan kalium akan menjadi masalah bila total kadarnya terlalu tinggi. Hal itu akan mengganggu fungsi jantung.

"Namun jangan khawatir, selama diminum tidak berlebihan, air kelapa tidak akan menimbulkan masalah kesehatan,” jelas dia.

Prof. Purwantyastuti membeberkan khasiat utama air kepala adalah mengatasi dehidrasi atau kekurangan cairan di dalam tubuh. Tubuh yang kekurangan cairan dengan sendirinya menjadi tidak sehat.

Kekurangan cairan otomatis akan menimbulkan masalah pada reaksi-reaksi kimia di semua sistem tubuh, termasuk sistem imun.

Pakar farmakologi dari Universitas Indonesia Prof. Dr. dr. Purwantyastuti, MSc, SpFK, mengingatkan untuk minum air kelapa secukupnya.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News