Awas... Bahaya!!! Hutan dan Lahan di Jateng, Jatim, dan Sulut Terbakar

Awas... Bahaya!!! Hutan dan Lahan di Jateng, Jatim, dan Sulut Terbakar
Kebakaran Hutan/ dok.jpnn

jpnn.com - Lima Hutan di Gunung Terbakar, Petugas Kewalahan

JAKARTA - Petugas pemadam api kewalahan memadamkan kebakaran lima hutan yang berada di tiga gunung, di Jawa Tengah, Jawa Timur, dan Sulawesi Utara. Ini cukup memprihatinkan melihat dalam empat hari ini, sudah lima hutan terbakar.

"Pemadamam sulit dilakukan karena medannya berat dan tidak ada air," kata juru bicara Badan Nasional Penanggulangan Bencana Sutopo Purwo Nugroho, Kamis (24/9).

Kebakaran melanda hutan di Taman Nasional Gunung Merapi seluas 39 hektar di Dusun Gunung Pasir, Desa Ngablak, Kecamatan Srumbung, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah,  Rabu (23/9) pukul 18.30.

Sebanyak 275 personel gabungan dari BPBD, TNI, Polri, TNGM, relawan dan masyarakat dikerahkan memadamkan api.

"Namun belum dapat dipadamkan. Medannya berat dan api masih mengarah ke utara puncak Gunung Merapi," katanya.

Kebakaran yang melanda TNGM itu sudah yang kesekian kalinya. "Semak belukar, alang-alang dan hutan yang kering menyebabkan api cepat meluas," tegasnya.

Kebakaran juga melanda  hutan lindung di Gunung Lokon, Kota Tomohon, Sulawesi Utara pada Rabu (23/9) pukul 16.45 Wita. Hingga saat ini belum dapat dipadamkan. Api meluas ke puncak gunung dan sulit dipadamkan. "Upaya pemadaman dari tim gabungan masih dilakukan," katanya.

Lima Hutan di Gunung Terbakar, Petugas Kewalahan JAKARTA - Petugas pemadam api kewalahan memadamkan kebakaran lima hutan yang berada di tiga gunung,

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News