Awas Gelombang Kedua Pandemi Covid-19, Ayo Disiplin Terapkan 3M!

Awas Gelombang Kedua Pandemi Covid-19, Ayo Disiplin Terapkan 3M!
Koordinator Tim Pakar dan Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Prof Wiku Adisasmito. Foto: Satgas Covid-19.

jpnn.com, JAKARTA - Juru bicara Satuan Tugas Penanganan COVID-19 Wiku Adisasmito mengatakan, disiplin dalam menerapkan protokol kesehatan pencegahan penularan virus corona merupakan kunci untuk menghindari gelombang kedua pandemi COVID-19 di Indonesia.

"Menghindari ini (gelombang kedua) harus dengan disiplin protokol kesehatan. Kemudian juga harus menjaga dan skrining mobilitas masyarakat keluar masuk Indonesia, untuk menghindari kunjungan yang masuk dari Eropa atau beberapa negara lain yang mengalami musim dingin," kata Prof Wiku, Jumat (6/11).

Jumlah kasus aktif COVID-19 di Indonesia tercatat terus mengalami penurunan dan terlihat lebih baik dibandingkan rata-rata dunia.

Menurut Wiku, capaian baik ini harus dipertahankan dan ditingkatkan.

Selain itu, masyarakat juga harus belajar dari perkembangan beberapa negara di Eropa, yang harus kembali melakukan karantina wilayah karena terjadi kenaikan pada kasus positifnya.

Kondisi terkini di sejumlah negara Eropa mengalami pandemi COVID-19 gelombang kedua, seperti di Inggris, Prancis, Jerman, Belgia, dan Yunani sehingga otoritas kesehatan pada masing-masing negara memutuskan karantina wilayah.

Menurut Wiku, risiko penularan bisa menjadi tidak terkendali akibat masyarakat mulai menganggap enteng protokol kesehatan.

"Jangan sampai hal ini terjadi di Indonesia," kata Wiku.

Indonesia juga seharusnya menghindari kunjungan yang masuk dari Eropa atau beberapa negara lain yang mengalami musim dingin.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News