Awas, Obat Palsu China Sebabkan Malapetaka

Awas, Obat Palsu China Sebabkan Malapetaka
Awas, Obat Palsu China Sebabkan Malapetaka
UGANDA - Para ahli kesehatan dunia telah memperingatkan potensi krisis kesehatan di negara-negara di benua Afrika akibat masuknya obat-obatan palsu dari China dan Asia. Bahkan penyakit malaria yang marak di Afrika bisa jadi malapetaka akibat konsumsi obat palsu.

Lemahnya pengawasan China atas produsen obat sangat membahayakan pemakainya. Apalagi obat yang diproduksi tersebut bahkan tidak mengandung bahan aktif sama sekali.

Minggu (24/12), laman Guardian menurunkan laporan tentang beberapa studi terbaru yang menyebut sebanyak satu hingga sepertiga dari obat malaria di Uganda dan Tanzania adalah palsu atau di bawah standar. Obat itu dipercaya berasal dari China atau India.

Selain ancaman kematian bagi penderita yang mengonsumsinya, juga muncul kekhawatiran adanya resistensi penyakit atas obat di Afrika Timur. "Ini krisis karena setiap saat seseorang bisa meninggal akibat obat-obatan tersebut," ujar Nick White dari Wellcome Trust South Asean Overseas Program & Antimalaria.

UGANDA - Para ahli kesehatan dunia telah memperingatkan potensi krisis kesehatan di negara-negara di benua Afrika akibat masuknya obat-obatan palsu

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News