Awas, Penyakit Kulit Ini Gampang Menyerang Pantat Anda

Awas, Penyakit Kulit Ini Gampang Menyerang Pantat Anda
ilustrasi

jpnn.com - KULIT merupakan bagian tubuh manusia yang terkadang hanya diperhatikan karena kecantikannya saja. Namun terkadang diabaikan ketika terjadi gangguan. 

Sebenarnya ada banyak jenis penyakit yang bisa menyerang kulit. Meskipun berada di bagian luar tubuh bukan berarti harus dianggap sepele setiap gangguan yang terjadi. Mungkin terasa gatal, karena diabaikan dan hanya digaruk dan didiamkan ternyata menimbulkan penyakit yang lain.

Dan juga masalah kulit bisa terjadi di mana saja pada tubuh anda, termasuk di pantat anda. Dari jerawat hingga stretch mark. Ini empat penyakit kulit yang bisa menyerang pantat Anda:

1. Jerawat
Jerawat berupa lesi merah kecil pada kulit anda. 
"Jerawat bisa menyerang anda di mana saja termasuk bokong," kata dermatolog, Carolyn Jacob, MD, seperti dikutip laman Health, Kamis (8/1).

Minyak dan kulit mati tersumbat dalam folikel, sehingga menyebabkan peradangan dan jerawat pembunuh. Gunakan krim benzoil peroksida untuk menghancurkan bakteri penyebab jerawat. Jika itu tidak berhasil sebaiknya anda mengunjungi dokter kulit anda.

2. Stretch mark 
Stretch mark adalah garis putih atau merah yang disebabkan oleh perubahan berat badan yang cepat (misalnya, selama kehamilan). Garis ini terbentuk ketika elastin dan serat kolag dan di bawah permukaan melemah. 

Cobalah untuk menjaga berat badan tetap stabil. Kehilangan-berat badan dengan cepat akan meregangkan kulit anda yang menyebabkan timbulnya strech mark. Sayangnya, tidak ada banyak yang dapat Anda lakukan tentang hal ini. 

3. Selulit
Selulit biasanya berupa daging berlesung yang disebabkan oleh menggembungnya sel-sel lemak di bawah kulit. Tampaknya bergelombang karena lemak mendorong jaringan ikat di bawah permukaan kulit.

KULIT merupakan bagian tubuh manusia yang terkadang hanya diperhatikan karena kecantikannya saja. Namun terkadang diabaikan ketika terjadi gangguan. 

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News