Awas! Posisi Tidur Salah bisa Undang Bencana

Awas! Posisi Tidur Salah bisa Undang Bencana
Ilustrasi.

jpnn.com - NORMALNYA, setelah bangun tidur tubuh akan terasa lebih segar. Sayangnya, sebagian orang justru mengeluh merasa nyeri di beberapa bagian tubuh setelah bangun tidur, misalnya nyeri punggung atau leher.

Nyeri punggung saat bangun tidur biasanya disebabkan oleh ketidaksejajaran tulang belakang. Selain itu, duduk sepanjang hari juga bisa mengakibatkan otot-otot pinggul kencang.

Akibatnya, tulang belakang bagian bawah melengkung. Rasa sakit pada punggung bagian atas juga bisa disebabkan mengencangnya otot-otot bahu akibat postur tubuh membungkuk. Jika posisi tidur Anda salah maka bisa memperburuk kondisi ini.

"Orang-orang sering mengeluh bahwa mereka mengalami kekakuan dan nyeri pada leher atau punggung ketika mereka bangun di pagi hari. Hal ini disebabkan tidur di postur yang salah di malam hari," kata Spine Surgeon dan Direktur di Spine Solutions, Dr. Sudeep Jain, seperti dikutip dari laman Health Me Up, Rabu (20/5).

"Semua tahu pentingnya postur yang baik, tetapi tidak terbatas hanya untuk duduk atau berdiri. Mempertahankan postur tubuh yang benar adalah penting bahkan saat tidur," tambahnya. (fny/jpnn)

Berikut ini beberapa posisi tidur yang salah:

1. Tidur di perut

Meskipun posisi ini lebih banyak disukai namun posisi tidur ini benar-benar berbahaya bagi tulang belakang, menyebabkan nyeri dan kerusakkan jangka panjang. Tidur di perut mengarahkan sebagian besar berat tubuh ke bagian tengah tubuh. 

NORMALNYA, setelah bangun tidur tubuh akan terasa lebih segar. Sayangnya, sebagian orang justru mengeluh merasa nyeri di beberapa bagian tubuh setelah

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News