Awasi Tender Proyek Kota Tangsel!

LIRA: Satgas Tender Pantau Kecurangan

Awasi Tender Proyek Kota Tangsel!
Awasi Tender Proyek Kota Tangsel!
TANGSEL - Karut marut proses pelelangan tender di Pemerintah Kota (Pemkot) Tangsel terus mendapatkan sorotan. Pasalnya, beredar kalau proyek-proyek itu diatur oleh salah satu mantan tim sukses kandidat Pemilukada Tangsel. Dalam tender itu juga diduga sudah ditentukan pengusaha yang akan menjadi pemenang berbagai proyek miliaran rupiah yang dananya dari uang rakyat tersebut.

Karena itu guna mencegah kecurangan proses tender 2011, aparat penegak hukum wajib mengawasi proses tender di kota otonom baru itu. Bahkan, ada wacana membentuk Satuan tugas (satgas) independen untuk memantau proses tender proyek tersebut. Satgas nantinya akan menggandeng Kejaksaan Negeri (Kejari) Tigaraksa dan kepolisian setempat. ”Harus ada Satgas mengawal proses tender,” terang Drajat Sumarsono, Walikota Lumbung Informasi Rakyat (Lira) Kota Tangsel kepada INDOPOS (Group JPNN). 

Dia juga membenarkan tudingan beberapa pengusaha telah diplot mendapat proyek yang ada di Kota Tangsel. Dengan kata lain, meskipun dilakukan proses tender dan diikuti puluhan pengusaha, tetap saja tender dimenangkan pengusaha yang telah ditunjuk dengan imbalan tertentu kepada penguasa tersebut. Bahkan, diduga kegiatan tunjuk menunjuk itu dilakukan ”orang kuat” di sana.

Tapi, dengan adanya satgas maka penyimpangan dan pelaksanaan tender yang bersih dari intervensi dapat diminimalisir. Tetap akan lebin baik tender dilakukan via online. ”Satgas juga akan menyertakan petugas penegak hukum dalam pengawasan nanti,” ujar Drajat. Dia menuding para pemain tender yang curang itu oknum-oknum yang memiliki kekuasaan di legislatif. Termasuk juga tokoh-tokoh yang memang memiliki jaringan di tingkat eksekutif.  Hal inilah yang membuat panitia lelang dintervensi kepada panitia tender untuk memenangkan pengusaha tertentu. ”Dugaannya ada oknum dewan maupun pejabat lain yang bermain itu bukan rahasia umum  lagi,” ungkapnya juga.

TANGSEL - Karut marut proses pelelangan tender di Pemerintah Kota (Pemkot) Tangsel terus mendapatkan sorotan. Pasalnya, beredar kalau proyek-proyek

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News