Ayo ke Solo, 23-25 September Nanti Ada Festival Payung Lagi

Ayo ke Solo, 23-25 September Nanti Ada Festival Payung Lagi
Foto: Kemenpar for JPNN.Com

jpnn.com - SOLO – Kementerian Pariwisata (Kemenpar) untuk kedua kalinya men-support kegiatan Festival Payung Indonesia 2016 di Solo, Jawa Tengah. Nantinya, festival itu akan digelar pada 23-25 September di Taman Balekambang yang punya nilai historis bagi warga Kota Bengawan itu.

Taman seluas 9,8 hektare itu dibangun oleh KGPAA Mangkunegara VII pada 1921 untuk kedua putrinya, GRAy Partini dan GRAy Partinah. Ada kolam besar dan dua patung putri ini yang melambangkan kedua puteri raja itu.

”Festival ini adalah festival yang mempertemukan pelaku Industri kreatif kreasi payung, penggiat pelaku seni karnaval dan masyarakat untuk melestarikan seni kerajinan payung Indonesia. Terima kasih Kemenpar yang terus peduli dengan kegiatan di daerah yang berpotensi juga mendatangkan wisatawan,” ujar Ketua Panitia Kegiatan FPI 2016 Heru Mataya.

Menurut Heru, acara itu akan dilaksanakan Karnaval Payung, Solo Dance Festival, Pentas Tari Payung, Fashion Show Payung, Pameran dan Lomba Foto, Workshop dan Melukis Payung, Sarasehan dan Refleksi, serta Workshop World Culture Forum. Sedangkan pusat festival itu adalah pagelaran Pasar Payung/

”Ini karya seni yang indah dan sangat bisa mendatangkan wisatawan. Even FPI tahun ini selain akan dimeriahkan dengan berbagai kerajinan payung dari dalam negeri, juga akan menampilkan kerajinan payung dari sejumlah negara Asia, seperti Kamboja, Thailand, Jepang, dan Tiongkok, ada kemungkinan akan bertambah  lagi,” ujar Heru.

Festival Payung Indonesia sudah memasuki tahun kedua. Pada tahun lalu, event itu juga digelar di lokasi yang sama.

Heru menjelaskan, panitia terus melakukan persiapan dengan termasuk mendatangkan pengrajin dari berbagai kota. Panitia juga sudah mulai melakukan sosialisasi kepada masyarakat terkait penyelenggaraan FPI tahun ini, salah satunya melalui kegiatan pra-even yang dilangsungkan di kawasan CFD Solo, Jawa Tengah, beberapa waktu lalu.

Sejumlah kerajinan payung yang akan ditampilkan antara lain dari Juwiring dan Klaten. Pada even kali ini, panitia mencoba lebih mengeksplorasi sajian kerajinan, yakni dengan menampilkan batik yang ada di seluruh nusantara.

SOLO – Kementerian Pariwisata (Kemenpar) untuk kedua kalinya men-support kegiatan Festival Payung Indonesia 2016 di Solo, Jawa Tengah. Nantinya,

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News