Azan Berkumandang, Jokowi Didemo

Azan Berkumandang, Jokowi Didemo
Sejumlah massa demo menggelar salat berjemaah di depan istana. Foto: Natalia Fatimah Laurens/JPNN.com

jpnn.com - JAKARTA - Jelang satu tahun pemerintahan Joko Widodo dan Jusuf Kalla, ribuan pengunjuk rasa dari berbagai elemen masyarakat berunjuk rasa depan Istana Merdeka, Jalan Medan Timur hingga Medan Merdeka Barat, Kamis (15/10). 

Salah satunya, dari Gerakan Masyarakat (Geram) Antikriminalisasi. Sebelum memulai aksi unjuk rasa ini, ratusan pendemo yang tergabung dalam gerakan itu, memilih menunaikan ibadah salat zuhur terlebih dahulu di halaman depan Istana. Seruan azan pun dikumandangkan dengan pengeras suara. 

"Assalamualaikum Pak Jokowi, lagi kerja, sambil dengarkan kami bersuara untuk menolak kriminalisasi yang banyak terjadi di pemerintahan ini," ujar seorang orator melalui pengeras suara.

Setelah itu, si orator mengajak rekan-rekanya salat bersama di tengah panas terik siang ini. Beralaskan kardus dan spanduk yang dipakai untuk berdemo, salat para pengunjuk rasa itu berlangsung khidmat.

Mereka tak terganggu sedikit pun dengan rombongan pengunjuk rasa lainnya sedang sibuk berorasi dan meneriakkan nama Jokowi.

Kelompok Geram Antikriminalisasi ini meminta pemerintah menghentikan semua praktek kriminalisasi yang dilakukan Polri terhadap pimpinan KPK. Termasuk meminta tak perlu ada revisi UU KPK. Di setahun pemerintahan, Jokowi-Jusuf Kalla diminta mengingat semua janji terkait penegakan hukum yang adil dalam negeri. (flo/jpnn)


JAKARTA - Jelang satu tahun pemerintahan Joko Widodo dan Jusuf Kalla, ribuan pengunjuk rasa dari berbagai elemen masyarakat berunjuk rasa depan Istana


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News