Azis Syamsuddin: Mahatma Gandhi Merupakan Semangat Persaudaraan Indonesia-India

Azis Syamsuddin: Mahatma Gandhi Merupakan Semangat Persaudaraan Indonesia-India
Wakil Ketua DPR M. Azis Syamsuddin, membuka acara Pameran Lukisan dalam rangka HUT ke150 Mahatma Gandhi dan hari Anti-Kekerasan Dunia yang diperingati oleh PBB setiap 2 Oktober. Foto: dok for jpnn

jpnn.com, JAKARTA - Wakil Ketua DPR M Azis Syamsuddin membuka acara Pameran Lukisan dalam rangka HUT ke-150 Mahatma Gandhi, dan Hari Anti-Kekerasan Dunia yang diperingati oleh PBB setiap tanggal 2 Oktober.

Pemeran lukisan dilaksanakan di gedung DPR, Jakarta, Jumat (2/10), dengan protokol kesehatan Covid-19  

Kerja sama antara Kedutaan Besar India dan DPR menampilkan lukisan dari para seniman yang berasal dari Institut Kesenian Jakarta (IKJ).

Azis mengapresiasi inisiatif Duta Besar India Pradeep Kumar Rawat melibatkan para seniman asli Indonesia dalam momentum ini.

Dia menilai hal ini sebagai langkah menghormati dan mengakui karya anak bangsa.

Azis menuturkan Mahatma Gandhi adalah monumen kemanusiaan yang menjulang tinggi, sehingga nilai-nilai yang diajarkannya mampu melintasi batasan ruang, waktu, ras, budaya, agama, negara, dan bangsa.

"Maka tidak berlebihan bila saya katakan bahwa Gandhi adalah anak semua bangsa. Dia bukan milik bangsa India saja, melainkan milik seluruh umat manusia di dunia. Semangat ini juga bisa dirasakan oleh para seniman IKJ pada pameran ini," jelasnya lagi.

Politikus Partai Golkar itu juga menjelaskan, India dan Indonesia memiliki kesamaan dalam nilai-nilai yang menjadi landasan politik luar negeri yang menjunjung tinggi inklusivitas secara bebas dan aktif.

Azis Syamsuddin mengajak India bersama-sama membenahi tatanan dunia dengan semangat menciptakan perdamaian.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News