Azwar Anas Dikabarkan Mengundurkan Diri, Ini Calon Pengganti

Azwar Anas Dikabarkan Mengundurkan Diri, Ini Calon Pengganti
Abdullah Azwar Anas. Foto: Ricardo/JPNN.com

jpnn.com, NGAWI - Abdullah Azwar Anas, bakal cawagub Jatim pendamping Saifullah Yusuf, dikabarkan mengundurkan diri dari bursa pencalonan.

Beredar juga informasi yang menyebut kabar ini diperbincangkan hangat di internal Dewan Pimpinan Pusat (DPP) PDI Perjuangan. Termasuk, DPP sudah ancang-ancang menyiapkan opsi pengganti.

’’Pengunduran diri resmi tidak ada, baru secara lisan,’’ ucap Wakil Ketua DPD PDI Perjuangan Jatim bidang Kehormatan Partai Budi ’Kanang’ Sulistyono, Kamis (4/1).

Apa alasan mundur? Pria yang juga menjabat bupati Ngawi tidak bisa membeber panjang lebar.

Sebab, sampai saat ini DPP belum memberikan kebijakan apapun terkait hal itu. Ketika ditanya kesiapan dirinya jika ditunjuk sebagai pengganti, Kanang enggan berspekulasi.

Dia mengatakan, hanya pasrah pada keputusan DPP PDIP. ’’Pertarungan itu kan harus memperhitungkan untung-ruginya, menang kalah. Kalau tarung harus menang, yang dicari mana paling top. Tidak boleh fifty-fifty,’’ tegasnya.

Kanang menyebut kemungkinan dua nama pengganti. Pertama, Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini, yang sebelumnya sempat mencuat kabar ditunjuk Ketum PDI Perjuangan Megawati Soekarno Putri namun menolak macung.

Kedua, Puti Guntur Soekarno, cucu dari Presiden Soekarno yang saat ini menjadi anggota fraksi PDIP di DPR RI. Alasannya, nama Puti cukup populer di internal partai.

Budi Sulistyono menyampaikan, Azwar Anas mengundurkan diri dari pencalonan di Pilgub Jatim baru disampaikan secara lisan.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News