Babel Tambah 30 Ton Bawang Untuk Perkuat Stok Jelang Ramadan

Babel Tambah 30 Ton Bawang Untuk Perkuat Stok Jelang Ramadan
Ilustrasi - Pemkot Pangkalpinang menggelar pasar pangan murah menjelang puasa ramadhan di Pangkalpinang, Selasa (5/3/2024) ANTARA/HO-Aprionis/Mega

jpnn.com, BANGKA BELITUNG - Pelaku usaha pangan di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel) menambah 33 ton bawang merah dan putih, guna memperkuat stok untuk menjaga stabilitas harga komoditas itu menjelang dan selama Ramadan 2024.

"Kami dapat memastikan stok bawang cukup untuk memenuhi kebutuhan masyarakat menyambut puasa," kata Kepala Disperindag Provinsi Kepulauan Babel Tarmin AB di Pangkalpinang, Rabu.

Dia mengatakan sebanyak 33 ton bawang merah dan putih yang tiba dalam minggu ini dengan rincian bawang merah 16 ton dan bawang putih 17 ton, sehingga diharapkan dapat mengantisipasi kenaikan harga kebutuhan bumbu masak masyarakat itu.

"Saat ini stok bawang putih di 11 gudang distributor sebanyak 16,4 ton dan bawang merah 18,5 ton," kata dia.

Dia menyatakan saat ini harga bawang merah turun menjadi Rp 34.000 dari harga sebelumnya Rp 36.000 per kilogram, demikian juga harga bawang putih turun menjadi Rp 36.000 dari Rp 38.000 per kilogram.

"Dengan adanya penambahan stok ini diharapkan harga bawang tidak naik, sehingga masyarakat mendapatkan harga dengan terjangkau menyambut puasa tahun ini," katanya.

Menurut dia, permintaan bawang menjelang Ramadhan mengalami peningkatan, karena masyarakat menggelar berbagai kegiatan keagamaan menyambut bulan suci Ramadan tersebut.

"Setiap menyambut bulan puasa, masyarakat menggelar tradisi ruwahan atau doa disertai makan bersama di masjid, mushola maupun di rumah warga tersebut, sehingga permintaan bumbu masak ini mengalami peningkatan," katanya. (antara/jpnn)

Bangka Belitung (Babel) menambah stok bawang sebanyak 30 ton untuk menyambut Ramadan.

Sumber Antara

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News