Baby Shark Rajai Billboard

Baby Shark Rajai Billboard
Baby Shark. Foto: Pinkfong

jpnn.com - Baby shark, do do do do do... Tidak perlu malu, pasti banyak yang hafal lirik Baby Shark di luar kepala. Lengkap dengan goyang dan gerak tangannya. Lagu yang melejit lewat video bikinan akun konten pendidikan asal Korea Pinkfong itu sudah viral sejak tahun lalu.

Para ayah dan ibu -serta banyak warganet lain- mungkin sudah mumet terus-menerus mendengarkan lagu riang tersebut. Nah, demam lagu keluarga hiu itu makin luas. Memasuki pertengahan 2018, Baby Shark jadi earworm di telinga publik Amerika Serikat.

Lagu yang awalnya merupakan karya musisi Jerman berjudul Kleiner Hai tersebut bak menguasai dunia. Buktinya, laju streaming Baby Shark terus naik. Ya, karena banyaknya peminat, Baby Shark tidak cuma bisa disaksikan di YouTube. Pihak Pinkfong memasukkan lagu itu di layanan streaming. Termasuk ''raksasa'' sekelas Apple Music dan Spotify mulai bulan lalu.

Kemarin (3/11) Billboard menyatakan, lagu tersebut ada di peringkat ke-49 di tangga lagu streaming. Angkanya tembus 13,1 juta kali streaming. Jumlah itu naik 55 persen dari minggu sebelumnya.

Di Amerika Serikat, Baby Shark mulai merebak pada Agustus 2018. Bak virus, lagu tersebut kembali menjangkit. Pada September, James Corden membawakan ulang lagu itu. Ellen DeGeneres pun mengubah lirik Baby Shark buat mempromosikan show-nya. Selebriti Hollywood ikut ketularan. Sophie Turner, pemeran Sansa Stark di serial Game of Thrones, sempat membikin cover lagu Baby Shark.

Rapper yang baru saja menjadi ibu, Cardi B, ikut mendendangkannya. ''Baby shark tututuruturutu baby shark,'' cuitnya pada awal September. Tim pemandu sorak, kepanduan, hingga sekolah-sekolah di sana ramai melakukan #BabySharkChallenge.

Alhasil, penjualan digital lagunya ikut makin deras. Selama enam pekan -terhitung sejak pertengahan September- ''si bayi hiu'' ada di puncak tangga lagu Kid Digital Songs Sales versi Billboard. Baby Shark sudah diunggah sebanyak 3.000 kali. Lirik lagu Baby Shark (yang sebenarnya sederhana banget) juga laris dicari.

Pada akhir Oktober, pemburu lirik lagu tersebut terus merangsek di lebih dari seratus layanan streaming. Puncaknya, di pekan ketiga bulan lalu, lirik lagunya ada di peringkat satu. Alias jadi yang terbanyak dicari.

Pasti banyak yang hafal lirik Baby Shark di luar kepala. Lengkap dengan goyang dan gerak tangannya. Viral sejak tahun lalu, kini lagu itu mencetak sejarah baru

Sumber Jawa Pos

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News