Badai Cedera Ganggu Jerman

Badai Cedera Ganggu Jerman
Badai Cedera Ganggu Jerman

MUENCHEN - Pelatih timnas Jerman Joachim Loew kian dipusingkan dengan bertambahnya daftar pemain cedera. Padahal, Piala Dunia 2014 tinggal 24 hari lagi. Mereka juga berada di grup neraka, grup G dengan Portugal, Ghana, dan Amerika Serikat.
    
Ilkay Guendogan sudah jelas tidak dipanggil karena cedera, Sami Khedira terpaksa tetap dipanggil meski baru pulih dari cedera dan jarang bermain musim ini di Real Madrid. Parahnya, Bastian Schweinsteiger menyusul cedera dan yang terbaru kapten Philip Lahm.
    
Lahm mengalami cedera tulang kering ketika membela Bayern Muenchen di final DBL Pokal melawan Borussia Dortmund. Dia terpaksa ditarik keluar pada menit ke-30 dan digantikan Franck Ribery. Di pinggir lapangan, dia sempat menjalani perawatan.
    
Belum dipastikan akan cedera berapa lama, tetapi Loew sudah berbicara dengan Lahm untuk memastikan kondisi sang pemain. "Saya sudah menelponnya. Kami bisa mengasumsikan, dia akan pulih 100 persen ketika bergabung dalam pemusatan latihan," jelas Loew, seperti dikutip Sky.
    
Lalu bagaimana dengan Schweinsteiger? Musim ini dia seringkali absen karena cedera. Bahkan, gelandang berusia 29 tahun itu diragukan bisa fit 100 persen ketika diboyong ke Brasil.
    
Musim ini, dia menjalani operasi engkel pada pramusim, kemudian pada November dan Desember masalah berlanjut pada November hingga Desember. Pada Januari, dia mengalami masalah pada ligamen lututnya ketika menjalani pemusatan latihan Bayern di Qatar.
    
Dia baru kembali bermain selama 90 menit pada pertengahan Maret melawan Bayer Leverkusen di Bundesliga Jerman. Setelah itu, dia kembali mendapat kesempatan bermain secara reguler, termasuk ketika tersingkir oleh Real Madrid pada semifinal Liga Champions.
    
Musim ini, dia hanya bermain 16 kali sebagai starter Bayern karena deraan cedera. "Dengan kelas dan pengalamannya, dia tetap berpengaruh besar dalam sebuah pertandingan. Kalau dia bisa bermain selama 90 menit, dia akan sangat berguna bagi kami," terang Loew.
    
Dia melanjutkan, selama ini rekan-rekannya melihat Schweinsteiger sudah berlatih dan bermain dengan baik. "Tetapi, Anda mengerti, dia baru saja mengalami cedera dalam waktu yang lumayan," ujar Loew.
    
Akan sangat berbahaya bagi Jerman apabila Schweinsteiger tidak fit. Sebab, Khedira juga diragukan dan Guendogan sudah dipastikan absen.

Apabila terdesak, maka opsi terbaik adalah menarik Toni Kroos yang musim ini berperan sebagai gelandang serang di Bayern sedikit ke belakang. Atau, menjadikan Lahm sebagai gelandang bertahan. (ham)


MUENCHEN - Pelatih timnas Jerman Joachim Loew kian dipusingkan dengan bertambahnya daftar pemain cedera. Padahal, Piala Dunia 2014 tinggal 24 hari


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News