Badan Bank Tanah Dukung Percepatan Pembangunan Bandara VVIP IKN

Badan Bank Tanah Dukung Percepatan Pembangunan Bandara VVIP IKN
Kepala Badan Bank Tanah Parman Nataatmadja dan Menhub Budi Karya Sumadi meninjau kesiapan penggunaan lahan HPL Badan Bank Tanah untuk Bandara VVIP IKN. Foto: dok Badan Bank Tanah

jpnn.com, JAKARTA - Kepala Badan Bank Tanah Parman Nataatmadja meninjau kesiapan penggunaan lahan HPL Badan Bank Tanah untuk Bandara VVIP IKN.

Adapun lokasi Hak Pengelolaan Lahan (HPL) Badan Bank Tanah di Penajam Paser Utara (PPU), Kalimantan Timur, yang akan menjadi lokasi dibangunnya Bandara Very Very Important Person (VVIP) IKN.

Parman mengatakan, pembangunan proyek Bandara VVIP IKN berada di HPL Badan Bank Tanah seluas 4.162 hektare

Dia menjelaskan dari total tersebut, seluas 290,67 hektare telah disediakan untuk pembangunan proyek Bandara VVIP IKN.

"Badan Bank Tanah mendukung upaya pemerintah pusat dalam hal ini Kemenhub untuk mempercepat pembangunan Bandara VVIP IKN. Lahan seluas 290,67 ha telah kami sediakan dengan tarif nol rupiah. Tidak ada pengenaan tarif karena ini merupakan peran dan tugas kami sebagai land bank," ujar Parman, Sabtu (23/9).

Menurutnya, sesuai mandat dalam PP 64 Tahun 2021, Badan Bank Tanah punya kewenangan khusus untuk menjamin ketersediaan tanah dalam rangka ekonomi berkeadlian, salah satunya untuk kepentingan pembangunan nasional.

Badan Bank Tanah juga telah menyiapkan tanah seluas 1.883 hektare untuk dilepas kepada warga dalam rangka reforma agraria.

Pada kesempatan yang sama, Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi juga mengecek progres pembangunan Bandara VVIP IKN.

Kepala Badan Bank Tanah Parman Nataatmadja meninjau kesiapan penggunaan lahan HPL Badan Bank Tanah untuk Bandara VVIP IKN.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News