JPNN.com

Badan Gemuk Rentan Terkena Asma?

Senin, 11 November 2019 – 04:51 WIB Badan Gemuk Rentan Terkena Asma? - JPNN.com

jpnn.com - Asma merupakan sebuah penyakit jangka panjang yang menyerang saluran pernapasan. Penyakit ini bisa menyerang siapa saja, tanpa memandang usia. Meski begitu, tidak sedikit orang yang percaya bahwa asma lebih sering terjadi pada orang gemuk. 

Dugaan bahwa orang gemuk lebih rentan terkena asma berawal dari penelitian yang telah diterbitkan di Experimental Biology and Medicine.

Dilansir Everyday Health, Beth A. Miller, MD., associate professor di Fakultas Kedokteran Universitas Kentucky di Lexington, mengatakan bahwa hampir 39 persen orang dewasa dengan asma pasti memiliki keluhan kegemukan atau obesitas. 

Penelitian yang sama juga menyebutkan bahwa orang yang memiliki kondisi obesitas akan mengalami serangan asma hingga dua hingga tiga kali lipat lebih sering ketimbang mereka yang tidak obesitas. 

Dalam penelitian tersebut ditulis bahwa penderita asma yang mengalami kegemukan harus ditangani oleh pihak medis dan tidak bisa mengandalkan perawatan di rumah. Hal ini dikarenakan orang yang memiliki berat badan berlebih lebih mungkin mengalami komplikasi kesehatan lain seperti hipertensi dan sesak napas ketika tidur di malam hari.

Senada dengan temuan itu, studi yang diterbitkan dalam jurnal Pediatrics pada Desember 2018 menemukan bahwa anak-anak yang memiliki berat badan berlebih juga lebih mungkin terkena asma. 

Penelitian ini melibatkan 500.000 anak-anak dan hasilnya mengatakan bahwa, anak yang gemuk berisiko 8 hingga 17 persen lebih tinggi terkena asma. Sedangkan pada remaja yang obesitas, mereka berisiko 26 hingga 38 persen lebih tinggi untuk mengalami asma.

Melihat data yang telah disebutkan, dr. Muhammad Iqbal Ramadhan dari KlikDoktermembenarkan bahwa obesitas memang bisa memicu terjadinya asma. 

Sumber klikdokter

SPONSORED CONTENT

loading...
loading...