Badan Lemas di Awal Puasa Ramadan? Ini Solusinya

Badan Lemas di Awal Puasa Ramadan? Ini Solusinya
Badan lemas (ilustrasi). Foto: Volodymyr-Melnyk/123rf

jpnn.com - Badan lemas di awal-awal puasa Ramadan memang sering terjadi. Salah satu alasannya adalah karena tubuh Anda tidak mendapat asupan karbohidrat yang cukup untuk dijadikan sebagai sumber energi. Sebagaimana dikatakan dr. Theresia Rina Yunita dari KlikDokter, asupan karbohidrat yang dikonsumsi saat sahur hanya bertahan beberapa jam sehingga Anda akan mulai kehilangan energi dan merasakan keluhan badan lemas setelahnya. 

Nah, agar kondisi badan lemas dapat teratasi dan Anda dapat beraktivitas dengan lancar, berikut tips yang bisa diterapkan: 

1. Jangan begadang hingga lewatkan sahur

Ketika memasuki bulan puasa, sepertinya Anda memang mesti mengatur jadwal tidur dengan lebih baik. Hindari tidur terlalu larut malam sehingga bikin Anda sulit bangun sahur akibat terlalu mengantuk.

“Terkadang, Anda melewatkan sahur dan lebih memilih untuk tidur karena tak bisa menahan kantuk. Padahal, sahur sangat penting untuk mengisi energi selama berpuasa,” jelas dr. There.

Jadi, sebisa mungkin jangan lewatkan sahur, ya! Bila perlu, minta bantuan anggota keluarga yang lain untuk turut membangunkan.

2. Perbanyak karbohidrat kompleks dan protein saat sahur

Karbohidrat kompleks lebih banyak mengandung serat ketimbang karbohidrat sederhana. Ini artinya, makanan yang mengandung karbohidrat kompleks akan lebih lama diolah oleh tubuh dan membuat energi tidak cepat habis.

Asupan karbohidrat yang dikonsumsi saat sahur hanya bertahan beberapa jam sehingga Anda akan mulai kehilangan energi dan merasakan keluhan badan lemas setelahnya.

Sumber klikdokter

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News