Bagaimana Urutan Kelahiran Mempengaruhi Kepribadian Kita

Bagaimana Urutan Kelahiran Mempengaruhi Kepribadian Kita
Bagaimana Urutan Kelahiran Mempengaruhi Kepribadian Kita
Bagaimana Urutan Kelahiran Mempengaruhi Kepribadian Kita

Apakah anda anak sulung, anak tengah atau bungsu di keluarga anda? Apakah anda orang yang berprestasi tinggi, juru damai atau penggembira?

Menurut pakar, ternyata posisi Anda di dalam keluarga dapat mempengaruhi kepribadian dan perilaku anda serta pandangan terhadap dunia.

Beberapa peneliti dan psikolog menganggap urutan kelahiran menjadi salah satu sumber pengaruh yang paling kuat terhadap kepribadian seseorang, bersama dengan genetika, jenis kelamin, temperamen dan gaya pengasuhan.

Anak pertama: berprestasi tinggi

Anak sulung cenderung menjadi sosok yang berprestasi tinggi dan pemimpin yang bisa menguasai dan suka memerintah serta cenderung bertanggung jawab.

Mereka mencari persetujuan, biasanya perfeksionis, dan cenderung memiliki lebih banyak kesamaan dengan anak sulung yang lain dibandingkan dengan saudara mereka sendiri.

Anak sulung cenderung:
• Berprestasi tinggi
• Perfeksionis
• Bertanggung jawab
• Orang yang menetapkan tujuan (Goal-setter)
• Bertekad kuat
• Penjaga Aturan
• Teliti

Anak kedua dan anak tengah: juru damai

Anak-anak kedua dan tengah lebih cenderung menjadi pendamai didalam keluarga. Mereka biasanya bagus dalam bernegosiasi dan lebih bersedia untuk menyesuaikan diri dengan keadaan sekitar.]

Mereka mencari perhatian dan sering kali memiliki lebih banyak teman ketimbang anak sulung untuk mengimbangi kurangnya perhatian dari keluarga.

Apakah anda anak sulung, anak tengah atau bungsu di keluarga anda? Apakah anda orang yang berprestasi tinggi, juru damai atau penggembira?Menurut

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News