Bagi Minute Play saat Lawan Elche

Bagi Minute Play saat Lawan Elche
Bagi Minute Play saat Lawan Elche

jpnn.com - VALENCIA - Bukan kalah atau menang yang menjadi target timnas senior Indonesia selama menjalani rangkaian tur Spanyol. Alfred Riedl selaku pelatih timnas senior hanya ingin melakukan evaluasi dalam laga uji coba di Negeri Matador tersebut. Karena itu, saat menghadapi klub lokal Spanyol Elche Rabu (2/4), pelatih asal Austria tersebut akan menurunkan komposisi pemain yang berbeda.

Hingga laga terakhir melawan Kuba Sabtu lalu (29/3), Riedl sudah memainkan hampir seluruh pemain yang dibawanya. Rata-rata dia memainkan 17 hingga 18 pemain per pertandingan atau dengan jumlah pergantian enam hingga tujuh kali.

Praktis, di antara 24 pemain yang dibawa, hanya kiper Choirul Huda yang belum menikmati minute play. Pada laga pertama melawan Andorra, Riedl menurunkan Andritany Ardhyasa sebagai kiper utama. Sementara itu, saat menghadapi Kuba, giliran I Made Wirawan yang mendapat kepercayaan. Nah, di laga pemungkas dalam tur Spanyol nanti, tidak tertutup kemungkinan dia memainkan Huda.

Uji coba melawan Elche sendiri rencananya dihelat di Stadion Luiz Suner Pico, Alzira, Valencia. Riedl rencananya melakukan pergantian pemain yang lebih besar saat menghadapi tim penghuni Segunda Division atau Divisi II Liga Spanyol itu.

"Dalam pertandingan terakhir, kami mungkin melakukan lebih banyak pergantian lagi. Bisa saja kami memainkan sampai 21 atau 22 pemain sekaligus dalam satu pertandingan," ujar Riedl, Minggu (30/3).

Riedl mengakui, opsi itu dilakukan agar dirinya bisa segera menemukan bentuk permainan terbaik bagi skuad Garuda. Sebab, timnas senior selama ini selalu melakukan gonta-ganti pelatih sehingga komposisi pemain yang ditampilkan belum bisa pakem untuk jangka panjang.

Riedl ingin memulai dengan komposisi yang berbeda dibanding saat dirinya melatih timnas pada 2010 hingga 2011. “Itu yang jadi alasan mengapa kami selalu melakukan banyak pergantian di setiap pertandingan di sini (Spanyol, Red). Di uji coba ini semua pemain harus mendapat kesempatan untuk bisa bermain,” tuturnya. (ren/c9/bas)


Berita Selanjutnya:
Gerrard Mengejar Mimpi

VALENCIA - Bukan kalah atau menang yang menjadi target timnas senior Indonesia selama menjalani rangkaian tur Spanyol. Alfred Riedl selaku pelatih


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News