Bahan Baku Rotan Langka di Pasaran

Bahan Baku Rotan Langka di Pasaran
Bahan Baku Rotan Langka di Pasaran
MAKASSAR - Pelarangan ekspor rotan asalan, mentah, dan rotan setengah mulai 1 Januari 2012 tidak saja mendapat penentangan. Imbas dari pelarangan itu mulai membawa dampak di lapangan dengan kelangkaanbahan baku rotan dari daerah penghasil ke industri.

Ketua DPP Asosiasi Pengusaha Rotan Indonesia (APRI), Sabar Nagarimba di sela-sela pertemuan Asosiasi Industri Permebelan & Kerajinan Indonesia (ASMINDO) yang digelar di Hotel Santika mengungkapkan, kelangkaan rotan di lapangan dipicu banyak faktor. Salah satu penyebab regulasi pemerintah yang melarang macam-macam membuat petani dan pedagang dan pengumpul meninggalkan bisnis rotan.

"Bagi kami pemerintah ini terlalu arogan. Mereka mengambil kebijakan pelarangan eskpor dan aturan lainnya tanpa menerima masukan dari pelaku rotan. Padahal yang mendorong regulasi ini sama sekali tidak mengerti tentang usaha rotan," kata Sabar.

Karena itu, kata dia, kalangan dunia usaha jadi bertanya-tanya mengapa pemerintah begitu ngotot melakukan hal ini dan tidak memperdulikan penghidupan masyarakat yang ada di 9.248 desa dengan jumlah penduduk 17,9 juta yang ada di dalam dan sekitar kawasan hutan.

MAKASSAR - Pelarangan ekspor rotan asalan, mentah, dan rotan setengah mulai 1 Januari 2012 tidak saja mendapat penentangan. Imbas dari pelarangan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News