Baharuddin Lopa, Sosok Jaksa Galak

Baharuddin Lopa, Sosok Jaksa Galak
Baharuddin Lopa. Foto: Getty Images
JAKARTA - Kalangan penegak dan praktisi hukum selalu mengenang sosok mantan Jaksa Agung RI, Baharuddin Lopa. Meski masa jabatannya sebagai Jaksa Agung begitu singkat, namanya terkenal sebagai jaksa yang ekstrim, keras dan jujur.

Pria kelahiran Pambusuang, Balanipa, Polewali Mandar, Indonesia, 27 Agustus 1935 ini diangkat sebagai Jaksa Agung pada 6 Juni 2001 dan mengakhiri jabatannya pada 3 Juli 2001 karena meninggal dunia.

Kini menjelang peringatan Hari Bhakti Adhyaksa, Kejaksaan Agung kembali mengenang mendiang mantan Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia itu. Sejumlah tokoh pun angkat bicara soal Baharuddin Lopa.

Salah satunya, Jaksa Agung, Basrief Arief. Masih melekat dalam ingatannya sosok Baharuddin Lopa adalah penegak hukum yang tak pandang bulu dalam penegakan hukum. Meski hanya mengenal Baharuddin dalam waktu singkat, ia melihat Baharuddin sebagai jaksa yang memiliki integritas tinggi dan patut diteladani.

JAKARTA - Kalangan penegak dan praktisi hukum selalu mengenang sosok mantan Jaksa Agung RI, Baharuddin Lopa. Meski masa jabatannya sebagai Jaksa

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News