Bahas Hubungan Diplomatik Indonesia-AS, Bamsoet Menaruh Harapan kepada Orang Penting Ini

Bahas Hubungan Diplomatik Indonesia-AS, Bamsoet Menaruh Harapan kepada Orang Penting Ini
Ketua MPR RI Bambang Soesatyo (dua dari kiri) bertemu dengan Duta Besar Indonesia untuk Amerika Serikat Rosan Roeslani (kiri) di Jakarta, Rabu (27/7). Foto: Humas MPR RI

jpnn.com, JAKARTA - Ketua MPR RI Bambang Soesatyo membahas hubungan diplomatik antara Indonesia dan Amerika Serikat (AS).

Pria yang akrab disapa Bamsoet ini berharap hubungan diplomatik Indonesia di bawah kepemimpinan Duta Besar Indonesia untuk Amerika Serikat Rosan Roeslani di Washington DC bisa meningkatkan.

Rosan Roeslani sebagai pengusaha memberikan nilai lebih agar Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) di Washington Amerika Serikat bisa menarik investor sebanyak-banyaknya dari Amerika Serikat untuk berinvestasi di Indonesia.

"Peluang investasi di Indonesia antara lain pada industri kesehatan, teknologi finansial, dan teknologi ramah lingkungan. Serta pengembangan energi baru dan terbarukan (EBT) khususnya pembangkit listrik yang bersumber dari panas bumi dan angin,’’ ucapnya seusai menerima Rosan di Jakarta, Rabu (27/7).

Dalam mempromosikan Indonesia sebagai destinasi investasi bagi Amerika Serikat, Rosan bisa memanfaatkan forum US Chamber of Commerce dan US-ASEAN Business Council yang di dalamnya berisi ratusan pengusaha Amerika Serikat.

Ketua DPR RI ke-20 ini menjelaskan, selain mendatangkan investasi, KBRI harus bisa menciptakan diferensiasi pasar bagi berbagai produk Indonesia agar bisa masuk ke Amerika. 

Salah satu peluang yang bisa ditingkatkan adalah sektor gastrodiplomasi kuliner, yakni berupa produk rempah-rempah Indonesia.

"Nilai ekspor rempah-rempah Indonesia ke Amerika Serikat pada 2020 mencapai USD 175 juta. Pada periode Januari-Juni 2021, meningkat 1,22 persen menjadi USD 83,25 juta. Menunjukkan bahwa peluang pasar Amerika Serikat untuk produk rempah-rempah Indonesia masih sangat tinggi," ucap Bamsoet.

Ketua MPR RI Bambang Soesatyo berharap Dubes Indonesia untuk Amerika Serikat mendorong investor berInvestasi di Indonesia

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News