JPNN.com

Bahas KTT ASEAN dan G20, Jokowi Kumpulkan Menteri di Istana

Rabu, 19 Juni 2019 – 21:00 WIB Bahas KTT ASEAN dan G20, Jokowi Kumpulkan Menteri di Istana - JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Presiden Joko Widodo alias Jokowi menggelar rapat terbatas membahas kunjungan kerjanya dalam pelaksanaan KTT ke-34 ASEAN di Thailand dan KTT G20 di Jepang pada bulan ini.

Ada tiga isu penting untuk dibawa RI ke KTT ASEAN yang dibahas Jokowi bersama jajaran menterinya dalam rapat di Kantor Presiden, Rabu (19/8). Termasuk persiapan menghadiri KTT G20.

Jokowi mengatakan, Indonesia harus mengguakan momentum kedua KTT tersebut sebaik-bainya untuk merebut peluang yang ada. Terutama demi penguatan ekonomi negara dan kepentingan nasional.

"Dalam KTT 34 ASEAN di Thailand, saya lihat ada beberapa isu yang bisa kita angkat. Pertama kita harus mengajak negara-negara ASEAN bersatu dalam mengantisipasi perang dagang antara AS dan tiongkok agar stabilitas ekonomi ASEAN tetap terjaga. Penting sekali kita ajak negara-negara ASEAN untuk bersatu," ucapnya.

BACA JUGA: Program Kerja Jokowi Jadi Perhatian Peserta Forum Internasional di Korsel

Isu kedua berkaitan dengan combating marine debris di ASEAN, atau upaya mengurangi sampah laut. Ketiga, soal percepatan perdamaian dan masalah Rakhine State di Myanmar.

Sedangkan dalam KTT G20 pada 28-29 Juni di Jepang, Indonesia akan memgusung isu mengenai ekonomi dan keuangan global, terutama berkaitan dengan investasi.

"Kedua, mengenai langkah inovasi dalam rangka pengembangan ekonomi digital dan artificial intellegence," kata Presiden ketujuh RI tersebut.

Tema terakhir di KTT G20 yang akan diangkat RI adalah mengenai penanganan kesenjangan, kualitas infrastruktur, ketenagakerjaan dan pemberdayaan perempuan di dunia. (fat/jpnn)

SPONSORED CONTENT

loading...
loading...