Bahas Newmont, DPR-Menkeu Deadlock

Bahas Newmont, DPR-Menkeu Deadlock
Bahas Newmont, DPR-Menkeu Deadlock
JAKARTA - Rapat kerja Komisi XI DPR dengan Menteri Keuangan Agus Martowardojo, yang dipimpin oleh Wakil Ketua Komisi XI, Harry Azhar Azis, di gedung DPR, senayan Jakarta, Kamis (26/5) malam, akhirnya deadlock.

Pemicu deadlock, karena masih ngototnya Menteri Keuangan (Menkeu) Agus Martowardojo untuk membeli saham PT Newmont Nusa Tenggara (NNT) hingga menimbulkan kemarahan kalangan anggota DPR. Raker akhirnya menjadi ajang kritikan tajam terhadap sikap Menkeu itu.

"Karena kondisi tidak kondusif lagi, rapat ditutup dan akan dilanjutkan satu minggu lagi dengan catatan Pemerintah harus meminta persetujuan DPR untuk membeli saham Newmont. Jika tidak DPR akan mendesak BPK melakukan audit investigasi terhadap proses divestasi tujuh persen saham Newmont," kata Harry Azhar, menutup rapat.

Dalam penjelasannya Menkeu menyatakan bahwa pembelian saham tersebut telah sesuai Undang-undang (UU). Namun hampir semua anggota komisi bersikukuh telah terjadi pelanggaran UU Nomor 1 Tahun 2004 tentang Perbendaharaan Negara dan UU Nomor 17 Tahun 2003 tentang Keuangan Negara, karena dana PIP hanya untuk infrastruktur.

JAKARTA - Rapat kerja Komisi XI DPR dengan Menteri Keuangan Agus Martowardojo, yang dipimpin oleh Wakil Ketua Komisi XI, Harry Azhar Azis, di gedung

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News