Bahasa Indonesia Jangan Kalah Bersaing

Bahasa Indonesia Jangan Kalah Bersaing
Bahasa Indonesia Jangan Kalah Bersaing
JAKARTA—Untuk mengimbangi perkembangan bahasa asing ataupun internasional, maka sebaiknya bahasa Indonesia harus terus diperbarui. Wakil Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Wamendikbud) bidang Kebudayaan, Wiendu Nuryanti mengatakan, hal tersebut bertujuan agar bahasa Indonesia dapat lebih mengaktualisasi dirinya dan tidak akan kalah bersaing dengan bahasa lainnya.

“Bahasa Indonesia itu bukan luntur, dan bukanlah sudatu kegagalan bangsa. Penggunaan bahasa asing juga tidak bisa dihindari. Maka dari itu, bahasa Indonesia juga harus meng-update diri sehingga tidak kalah bersaing,” ungkap Wiendu ketika ditemui usai acara Jambore Nasional Bahasa dan Sastra 2011 di Bumi Perkemahan Cibubur, Jakarta, Selasa (29/11).

Menurutnya, tak hanya bahasa Indonesia yang patut dikembangkan, melainkan juga harus seiring dengan perkembanmgan bahasa daerah. Oleh karena itu,  Wiendu berpendapat agar pembinaan dan pengembangan bahasa Indonesia dan daerah itu bisa dilakukan melalui media buku.

“Misalnya, buku-buku yang isinya mengenai peribahasa daerah. Ini diharapkan, anak-anak muda dapat menggunakan istilah peribahasa daerah itu sebagai jargon di kehidupan sehari-harinya,” ujarnya.

JAKARTA—Untuk mengimbangi perkembangan bahasa asing ataupun internasional, maka sebaiknya bahasa Indonesia harus terus diperbarui. Wakil Menteri

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News