Bahaya Kesepian Bagi Kesehatan Anda

Bahaya Kesepian Bagi Kesehatan Anda
Ilustrasi

jpnn.com - ORANG yang kesepian dan terisolasi, menurut peneliti memiliki risiko lebih tinggi terhadap penyakit jantung dan stroke. Isolasi sosial bisa meningkatkan risiko sekitar 30 persen terhadap kesehatan jantung, kecemasan dan stres kerja.

"Mengatasi kesepian dan isolasi sosial memiliki peran penting. Itu dua penyebab utama dari kesehatan yang buruk dan kematian di seluruh dunia," kata pemimpin peneliti, Nicole Valtorta, seperti dilansir laman Health, Jumat (20/5).

Menurut Nicole, dirinya kerap meneliti faktor risiko dari obesitas dan kurangnya aktivitas fisik bagi kesehatan. Namun, analisis ini tidak bisa membuktikan bahwa kesepian dan isolasi sosial menyebabkan masalah jantung atau stroke.

"Namun, jika kita menempatkan temuan studi dalam konteks, apa yang kami temukan adalah sebanding dalam ukuran efek faktor risiko psikososial lainnya, seperti kecemasan dan ketegangan kerja," jelas Valtorta.

Untuk penelitian ini, Valtorta dan rekan-rekannya menganalisis data dari 23 studi, termasuk lebih dari 180 ribu orang dewasa. Sebanyak 4.600 orang, di antaranya memiliki serangan jantung, meninggal dan lebih dari 3.000 telah menderita stroke.

Data menunjukkan bahwa kesepian dan isolasi sosial dikaitkan dengan 29 persen peningkatan risiko serangan jantung dan 32 persen peningkatan risiko stroke.

Kesepian telah dikaitkan dalam penelitian masa lalu untuk sistem kekebalan tubuh yang lemah, tekanan darah tinggi dan kematian dini.

"Temuan ini menunjukkan bahwa kesepian dan isolasi sosial perlu dianggap serius di seluruh spektrum dari pendidikan medis untuk pedoman dan perawatan kesehatan," kata Julianne Holt-Lunstad, seorang profesor psikologi dan ilmu saraf di Universitas Brigham Young.

ORANG yang kesepian dan terisolasi, menurut peneliti memiliki risiko lebih tinggi terhadap penyakit jantung dan stroke. Isolasi sosial bisa meningkatkan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News