Bakal jadi PTN BH, Universitas Terbuka akan Buka Rekrutmen Pegawai Besar-besaran

Bakal jadi PTN BH, Universitas Terbuka akan Buka Rekrutmen Pegawai Besar-besaran
Rektor UT Prof Ojat Darojat (tengah) berbicara dengan Ketua Senat UT Prof Hanif Nurcholis (kanan). Foto mesya/jpnn

jpnn.com - Peningkatan status Universitas Terbuka menjadi perguruan tinggi negeri berbadan hukum (PTN BH) terus dimantapkan. Diperkirakan tahun ini UT akan beralih status dari pengelolaan keuangan Badan Layanan Umum (PK BLU) ke PTN BH.

Rektor UT Prof Dr Ojat Darojat mengatakan, sejak hadirnya Permendikbud 109 Tahun 2013 tentang Penyelenggaraan Pendidikan Jarak Jauh (PJJ) pada pendidikan tinggi telah mendorong UT untuk bertransformasi menjadi PTN BH. Permendikbud tersebut memberikan kesempatan pada seluruh PT yang memenuhi syarat untuk menyelenggarakan PJJ. 

Hal itu memacu UT untuk terus melakukan inovasi agar UT tetap mampu terdepan dalam penyelenggaraan PT dengan moda PTTJJ. 

"UT menerapkan Blue Ocean Strategy dengan secara kreatif menciptakan peluang baru dengan mengembangkan program-program pendidikan termasuk bekerja sama dengan PT penyelenggara PJJ," kata Prof Ojat usai rapim plus untuk membahas statuta UT menjadi PTN BH di Kampus UT, Pondok Cabe, Tangerang Selatan, Senin (10/5). 

Untuk melaksanakan Blue Ocean Strategy, lanjutnya, banyak proses panjang terkait legal dan birokrasi yang harus dilalui UT jika UT tetap sebagai PTN BLU. Proses panjang tersebut misalnya dalam pengadaan SDM, penggunaan keuangan dan penetapan tarif, dalam penyesuaian struktur organisasi yang sesuai dengan kebutuhan UT, pengadaan dan penghapusan sarana prasarana.

Untuk mewujudkan mimpi sebagai PTN berkelas dunia, menurut Prof Ojat, UT memerlukan otonomi yang lebih besar. Otonomi tersebut bisa dicapai bila UT bertransformasi menjadi PTN BH. 

"UT terus melakukan berbagai persiapan yang diperlukan menuju PTN BH," ucapnya. 

Dia melanjutkan, salah satunya penyempurnaan dokumen seperti laporan evaluasi diri, rencana masa peralihan, rencana pengembangan jangka panjang, statuta dalam rangka proses transformasi UT PTN BLU menuju PTN BH.

universitas terbuka bersiap menjadi PTN BH yang memungkinkan UT membuka program studi kekinian dan merekrut SDM lebih banyak karena saat ini UT krisis SDM

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News