Bakamla Kerahkan KN Ular Laut dan Kuda Laut Menuju Perairan Timor, Ada Apa?

Bakamla Kerahkan KN Ular Laut dan Kuda Laut Menuju Perairan Timor, Ada Apa?
Perairan Timor berada di perbatasan antara NTT dan Timor Leste. Ilustrasi. Foto: Humas Bakamla

jpnn.com, JAKARTA - Badan Keamanan Laut Republik Indonesia (Bakamla RI) siap mengerahkan dua unsur kekuatannya untuk membantu proses evakuasi anak buah kapal (ABK) kapal berjenis motor tanker (MT) bernama lambung OCEAN STAR.

Hal itu disampaikan Kepala Bakamla RI Laksdya TNI Aan Kurnia di Mabes Bakamla RI, Jakarta Pusat, Kamis (17/6/2021).

Lebih lanjut, Laksdya Aan memerintahkan Direktur Operasi Laut Bakamla RI Laksma Bakamla Suwito untuk membantu proses evakuasi tersebut.

Adapun unsur yang siap digerakkan dalam evakuasi adalah KN Ular Laut-405 yang saat ini berada di Tual dan KN Kuda Laut-403 berada di Ambon.

“Bakamla terus berkoordinasi dengan Bagian Asia Selatan dan Tenggara (Aselteng) Kemenlu  dan pihak Kemenlu akan memberikan informasi kepada Bakamla jika ada perkembangan lebih lanjut guna menggerakkan unsur Bakamla,” ujar Laksma Bakamla Suwito.

Dikabarkan, kurang lebih ada 21 orang ABK yang seluruhnya berwarga negara Indonesia (WNI), terombang-ambing selama hampir empat bulan lamanya di atas kapal MT Ocean Star.

Saat ini, kapal diketahui berada di Perairan Timor Leste.

Kabar ini menjadi viral saat ABK MT Ocean Star mengunggah sebuah video permintaan pertolongan di media sosial, baru-baru ini.

Bakamla mengerahkan KN Ular Laut-405 yang saat ini berada di Tual dan KN Kuda Laut-403 berada di Ambon menuju perairan Timor. Ada apa ya?