Bakamla RI dan Australia Border Force Gelar Pertemuan Tingkat Tinggi, Nih Hasilnya

Bakamla RI dan Australia Border Force Gelar Pertemuan Tingkat Tinggi, Nih Hasilnya
Kepala Bakamla RI Laksdya TNI Dr. Aan Kurnia menyampaikan sambutan dan hasil pertemuan saat pertemuan tinggi antara Bakamla RI (Indonesia Coast Guard) dan Australia Border Force (ABF) melalui daring. Foto: Humas Bakamla

jpnn.com, JAKARTA - Bakamla RI (Indonesia Coast Guard) dan Australia Border Force (ABF) melaksanakan 4th Senior Officials Meeting (SOM).

Pertemuan ini bertujuan untuk memperkuat hubungan antar negara melalu kerja sama di bidang keamanan dan keselamatan laut.

Kegiatan ini merupakan pertemuan tingkat tinggi yang dihadiri pucuk pimpinan dari kedua instansi.

Pertemuan yang telah diselenggarakan keempat kalinya ini, secara khusus membahas rencana kerja sama operasi, pembangunan kapabilitas dan pelatihan personel, pertukaran informasi, serta kerja sama lainnya yang dapat dilakukan di tahun 2022.

Kepala Bakamla RI Laksdya TNI Dr. Aan Kurnia menyampaikan hasil dari kerja sama dalam satu tahun ini.

Salah satunya keberhasilan dalam penyelenggaraan kegiatan Maritime Security Desktop Exercise (MSDE) pada 15 Juni silam yang turut mengundang 35 delegasi manca negara secara hybrid (daring dan luring).

MSDE juga merupakan bagian dari implementasi capaian dalam forum Head of Asian Coast Guard Agency Meeting (HACGAM) dan Indian Ocean Rim Association (IORA).

Selain itu, Operasi Gannet Ke-5 juga terlaksana dengan sukses, yang turut didukung pula oleh Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP). Sebagian besar kegiatan di tahun ini masih terkendala Pandemi Covid-19, namun Bakamla RI dan ABF berusaha mencari jalan keluar terbaik agar kegiatan yang telah direncanakan dapat terealisasi.

Bakamla RI (Indonesia Coast Guard) dan Australia Border Force (ABF) menggelar pertemuan tingkat tinggi, nih hasilnya.