Bakamla RI – Pemkab Asahan Teken Kerja Sama Optimalisasi Keamanan Laut

Bakamla RI – Pemkab Asahan Teken Kerja Sama Optimalisasi Keamanan Laut
Kepala Bakamla RI Laksdya TNI Aan Kurnia dan Bupati Asahan H. Surya meneken Nota Kesepahaman tentang peningkatan keamanan dan keselamatan di wilayah perairan Kabupaten Asahan di Aula Mabes Bakamla RI, Jakarta, Kamis (30/9). Foto: Humas Bakamla

jpnn.com, JAKARTA - Badan Keamanan Laut Republik Indonesia (Bakamla RI) dan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Asahan meneken Nota Kesepahaman tentang peningkatan keamanan dan keselamatan di wilayah perairan Kabupaten Asahan.

Penandatanganan dilakukan oleh Kepala Bakamla RI Laksdya TNI Aan Kurnia dan Bupati Asahan H. Surya di Aula Mabes Bakamla RI, Jalan Proklamasi Nomor 56, Menteng, Jakarta Pusat, Kamis (30/9/2021).

Kerja sama ini sangat penting dilakukan mengingat isu-isu kemaritiman telah berkembang menjadi sangat krusial, tidak saja terkait aspek jalur pelayaran akan tetapi juga meluas dengan aspek potensi yang terkandung di laut.

“Saya yakin, kerja sama ini tidak hanya memperkuat upaya pengamanan wilayah perairan Asahan, namun juga peningkatan kapasitas masyarakat pesisir. Tidak hanya dalam rangka mendukung upaya pengamanan daerah perairannya, namun juga meningkatkan taraf hidup penduduk di pesisir perairan Asahan,” ujar Laksdya TNI Aan Kurnia.

Kepala Bakamla menjelaskan ruang lingkup kerja sama yang ditandatangani meliputi penyediaan fasilitas infrastruktur berupa lahan dan atau bangunan/kantor serta fasilitas lain untuk mendukung peningkatan keamanan dan keselamatan di wilayah perairan Kabupaten Asahan.

Selain itu, pemanfaatan teknologi dan sarana prasarana untuk mendukung kelancaran kegiatan peningkatan keamanan dan keselamatan di wilayah perairan Kabupaten Asahan. Kemudian pemberdayaan masyarakat pesisir dalam rangka mendukung peningkatan pelaksanaan keamanan dan keselamatan di wilayah perairan Kabupaten Asahan.

Selanjutnya, peningkatan kapasitas sumber daya manusia di bidang keamanan dan keselamatan laut. Terakhir, pertukaran informasi di bidang keamanan dan keselamatan laut.

Bupati Asahan mengatakan penandatanganan nota kesepahaman dan perjanjian hibah barang milik daerah ini merupakan langkah sangat tepat guna menyelaraskan sumber daya yang dimiliki oleh masing-masing pihak dengan prinsip saling menguntungkan sesuai perundang-undangan.

Bakamla RI dan Pemkab Asahan meneken Nota Kesepahaman tentang peningkatan keamanan dan keselamatan di wilayah perairan Kabupaten Asahan.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News