Bakar Rumput, 10 Rumah di Ocean Park Ludes Terbakar

Bakar Rumput, 10 Rumah di Ocean Park Ludes Terbakar
Warga berusaha memadamkan api dengan berbagai cara, Jumat kemarin. Foto: Batam Pos/JPG

jpnn.com - SEKUPANG - Kebakaran hebat terjadi di Perumahan Ocean Park, Kelurahan Tanjungriau, Sekupang, Batam, Kepri. Sebanyak 10 unit rumah yang berada di deratan blok A ludes dilahap si jago merah, Kamis (31/3) siang. Rumah-rumah yang ludes terbakar itu adalah rumah nomor 111 sampai 121.

Kebakaran diduga dari kegiatan bakar rumput yang dilakukan petugas kebersihan perumahan di lahan kosong belakang deretan perumahan yang terbakar.

Menurut Anita, 26, penghuni rumah nomor 116 menuturkan, sebelum kebakaran rumah terjadi, petugas kebersihan perumahan diketahui memang sedang memotong dan membakar rumput di lahan kosong di belakang deretan blok rumah yang terbakar itu. 

"Sekitar pukul 12.00 WIB, saya sempat keluar jemur pakaian di belakang rumah, saya lihat ada orang potong rumput di lahan kosong itu. Mereka ada bakar rumput di ujung sana (lahan kosong)," kata Anita seperti dikutip dari batampos.co.id (Jawa Pos Group), Sabtu.

Tak berselang lama saat Anita masuk kembali ke dalam rumah mesnya itu, tiba-tiba kepulan asap tebal sudah menyeruak masuk ke dalam rumah yang ditempatinya. "Nggak sampai 30 menit, tiba-tiba api sudah sampai di belakang rumah," ujar Anita.

Saat itu Anita melihat memang sejumlah pekerja pemotong rumput sudah sibuk memadamkan api, namun upaya itu terlambat. Tiupan angin yang cukup kencang ke arah perumahan, membuat api cepat merambat ke bagian belakang rumah-rumah tersebut. 

"Api masuk (terbakar) pertama di rumah yang saya tempati ini (116) dan sebelahnya (nomor 115)," kata Anita sambil menunjukan dua rumah yang duluan dilahap api.

Usai melumat bagian belakang dua rumah yang berada di tengah itu, api dengan cepat merambat ke kiri dan kanan sehingga satu blok rumah tersebut ludes terbakar.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News