Balai Karantina Periksa Sapi Australia

Balai Karantina Periksa Sapi Australia
Foto: M Jakwan/Radar Tangerang/JPNN
JAKARTA - Balai Besar Karantina Pertanian (BBKP) Soekarno-Hatta Tangerang kemarin memeriksa 200 ekor bibit sapi perah frisian holstein (FH) asal Australia untuk memastikan bebas dari penyakit hewan. Ke-200 ekor bibit sapi perah itu milik PT Green Global Multifarm Lestari (GGML) Sukabumi.

''Bulan ini BBKP Soekarno-Hatta juga telah melakukan pemeriksaan karantina terhadap 150 bibit sapi perah unggul untuk Koperasi Pengolahan dan Produksi Susu, Pengalengan, Bandung,'' ujar Kepala BBKP Soekarno-Hatta Susilo, Rabu (22/4).

Menurut Susilo, pemeriksaan 200 ekor bibit sapi perah tersebut untuk memastikan bibit sapi perah terbebas dari hama penyakit karantina hewan (HPKH). Prosedur penanganannya, dua jam sebelum pengangkutan sapi, truk didatangkan ke kantor BBKP Soekarno-Hatta untuk dicek, didata, dan didisinfeksi.

Kemudian, truk ke kargo dan menunggu pesawat mendarat. Setelah pesawat mendarat, dokter hewan karantina dan paramedis masuk ke pesawat untuk memeriksa dokumen persyaratan, kondisi, dan jumlah sapi. Lalu, dokter hewan karantina menyerahkan surat keterangan muatan dan produk hewan (KH3) untuk diisi pilot/kapten.

JAKARTA - Balai Besar Karantina Pertanian (BBKP) Soekarno-Hatta Tangerang kemarin memeriksa 200 ekor bibit sapi perah frisian holstein (FH) asal

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News