Balai Ternak BAZNAS Dorong Kemandirian Ekonomi Mustahik

Balai Ternak BAZNAS Dorong Kemandirian Ekonomi Mustahik
Program Balai Ternak BAZNAS mendorong kemandirian ekonomi mustahik di sektor peternakan. Foto: Humas BAZNAS

jpnn.com, PACITAN - BAZNAS meluncurkan Balai Ternak di Desa Banjarjo, Kecamatan Kebonagung, Kabupaten Pacitan, Jawa Timur, Selasa (20/2).

Balai Ternak adalah program pemberdayaan ekonomi mustahik dalam sektor peternakan yang memadukan konsep pembibitan dan penggemukan ternak.

Konsep yang dijalankan ber tujuan untuk peningkatan populasi dan peningkatan secara ekonomi atau kemandirian para peternak mustahik.

Pimpinan BAZNAS RI pembina wilayah Jawa Timur Nur Chamdani, menyebutkan Balai Ternak di Pacitan, menaungi peternak mustahik sebanyak 20 KK.

Adapun ternak yang dikelola per Februari 2024, sebanyak 185 ekor terdiri dari 5 pejantan, 80 ekor induk betina, 50 ekor bakalan jantan dan 50 ekor bakalan betina.

"Para peternak mustahik untuk program pendampingan awalnya dilakukan selama 2-3 tahun. Sesuai dengan standar operational prosedur (SOP), dan peningkatan spiritualitas, serta kemandirian secara lembaga," ujar Chamdani.

Balai Ternak merupakan program pemberdayaan ekonomi pedesaan untuk mengembangkan usaha pertanian dan peternakan, mulai dari budi daya sampai pengolahan dan pemasaran.

"Melalui program ini, BAZNAS juga mendorong kemandirian ekonomi para peternak mustahik," tutur Chamdani.

Program Balai Ternak BAZNAS mendorong kemandirian ekonomi mustahik di sektor peternakan.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News