Baliho Kaesang Memiliki Banyak Arti

Baliho Kaesang Memiliki Banyak Arti
Copyright by Sang Pisang - Twitter@kaesangp

jpnn.com, JAKARTA - Pengamat komunikasi politik Universitas Esa Unggul Jamiluddin Ritonga menyatakan baliho putra bungsu Presiden Joko Widodo, Kaesang Pangarep di media sosial memiliki banyak arti.

Baliho Kaesang dengan tulisan 'Saya Siap Untuk RI 1' dan yang mirip dengan baliho Puan Maharani dan Airlangga Hartarto belakangan ini menyita perhatian publik.

"Baliho tersebut tentu memunculkan banyak makna. Pertama, bisa saja baliho Kaesang itu hanya memanfaatkan isu aktual untuk kepentingan usahanya," kata Jamiluddin Ritonga dalam keterangan tertulisnya yang diterima JPNN.com, Sabtu (21/8) 

Menurutnya, Kaesang jeli memanfaatkan momen untuk mendongkrak omzet produknya.

Makna kedua, bisa saja baliho itu sebagai guyonan belaka mengingat usia Kaesang yang masih relatif muda.

"Namun, kalau itu guyonan, tentu sangat berisiko. Sebab, keluarganya berlatar belakang politik, yang akan dengan mudah dijadikan sasaran tembak. Apalagi keluarganya kader PDIP, tentu sangat beresiko bila Puan Maharani dijadikan bahan guyonan," kata mantan Dekan Fikom IISIP itu.

Jamiluddin juga menyebutkan ada kemungkinan baliho itu sindiran terhadap Puan dan Airlangga.

"Kaesang sebagai kalangan milenial tentu menggunakan caranya yang lugas dalam menyindir seseorang. Cara mudah tentu dengan membuat baliho yang hampir sama dengan orang yang disindir," ucapnya.

Pengamat komunikasi politik menilai baliho Kaesang Pangarep memiliki banyak arti. Apa saja ya?

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News