Bamsoet Ajak Parlemen Dunia Perkuat Kerja Sama Lintas Sektor

Bamsoet Ajak Parlemen Dunia Perkuat Kerja Sama Lintas Sektor
Bambang Soesatyo. Foto: DPR

jpnn.com, BALI - Ketua DPR RI Bambang Soesatyo mendorong parlemen dunia meningkatkan kerja sama lintas sektor serta melakukan inovasi pada keuangan, teknologi, infrastruktur dan kemitraan untuk memastikan semua orang memiliki akses ke energi berkelanjutan.

Menurut dia, akses ke energi bersih, aman dan terjangkau dapat meningkatkan kualitas hidup masyarakat.

"Ketersediaan energi seperti listrik sangat penting dalam berbagai aspek kehidupan manusia, sekaligus menjadi kebutuhan mutlak menunjang pembangunan. Namun, hal ini menjadi tantangan besar bagi kita mengingat ketergantungan pada energi fosil dan pengembangan sumber energi terbarukan masih sangat terbatas," ujar Bamsoet saat membuka World Parliamentary Forum on Sustainable Development (WPFSD) di Bali, Rabu (12/9).

WPFSD merupakan wadah pertemuan parlemen dunia yang digagas DPR RI sejak 2017.

Forum ini secara khusus diselenggarakan untuk meningkatkan peran parlemen dunia dalam mendukung pencapaian Agenda Pembangunan Berkelanjutan (SDGS) 2030.

Pada pertemuan pertama 2017 berhasil merumuskan pembangunan yang inklusif dan merata sehinga tidak ada pihak yang ditinggalkan.

World Parliamentary Forum on Sustainable Development (WPFSD) yang diselenggarakan pada 12-13 September 2018 diikuti sekitar 45 negara.

Antara lain Argentina, Bahrain, Bolivia, Iran, Iraq, Jordan, Palestina, Peru, Serbia, Uni Emirat Arab, Venezuela, Kribati, Solomon Island, Tonga, Armenia, Botswana, Egypt, Ghana, Madagaskar, Micronesia, Mongolia, Moroco, Serbia, Timor Leste serta Turki.

Ketua DPR RI Bambang Soesatyo mendorong parlemen dunia meningkatkan kerja sama lintas sektor

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News