Bamsoet Dorong Pelibatan TNI Dimasifkan demi Bantu Pengungsi

Bamsoet Dorong Pelibatan TNI Dimasifkan demi Bantu Pengungsi
Ketua DPR Bambang Soesatyo. (Foto: Dok JPNN.com)

jpnn.com, JAKARTA - Ketua DPR Bambang Soesatyo meminta pemerintah segera mengatasi kendala dalam pendistribusian bantuan logistik bagi para pengungsi korban gempa di Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB). Menurutnya, logistik harus sampai lokasi-lokasi terpencil demi mengurangi penderitaan para pengungsi.

Bamsoet -panggilan beken Bambang- mengatakan, distribusi bantuan untuk Kecamatan Gangga, Kayangan dan Pemenang di Lombok Utara terkendala kondisi alam yang berbukit-bukit. Oleh karena itu, harus ada koordinasi antara Kementerian Sosial (Kemensos), Badan penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) NTB dan Lombok Utara serta pemda agar kendala yang ada teratasi.

“Libatkan perangkat desa guna mengetahui kebutuhan-kebutuhan secara rinci dari setiap posko pengungsian agar penyaluran bantuan dapat tepat sasaran,” ujarnya di Jakarta, Senin (13/8).

Politikus Partai Golkar itu juga mendorong Kemensos meningkatkan koordinasi dengan Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) dan TNI. Menurutnya, TNI sangat bisa diandalkan dalam menyalurkan bantuan hingga daerah terpencil.

“Agar bantuan bisa tersalurkan hingga titik posko pengungsian terpencil yang sulit terjangkau,” ujarnya.

Bamsoet menambahkan, hal penting bagi pengungsi adalah dapur umum. “Agar Kemensos bekerja sama dengan pemda, BPBD dan perangkat desa memperbanyak dapur umum,” tuturnya.(jpg/jpnn)


Ketua DPR Bambang Soesatyo menginginkan penderitaan para pengungsi korban gempa di Lombok, NTB bisa berkurang dengan distribusi bantuan logistik.


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News