Bamsoet: DPR Selalu Siap Kerja Sama dengan Perguruan Tinggi

Bamsoet: DPR Selalu Siap Kerja Sama dengan Perguruan Tinggi
Bambang Soesatyo (putih). Foto: DPR

jpnn.com, JAKARTA - Ketua DPR RI Bambang Soesatyo mengatakan, pihaknya siap bekerja sama dengan berbagai perguruan tinggi dalam melakukan riset and pembangunan.

Dengan demikian, ada sinergitas antara DPR RI dengan perguruan tinggi sebagai kawah candradimuka kaum intelektual.

"Kita bisa melakukan kerja sama legal drafting dalam pembahasan sebuah undang-undang maupun bidang penelitian dan pertukaran informasi lainnya. Melalui kerja sama yang erat, DPR RI dan perguruan tinggi bisa seiring sejalan dan saling menguatkan," ujar Bamsoet saat menerima jajaran rektorat Universitas Krisnadwipayana (UNKRIS) di ruang kerja Ketua DPR RI, Jakarta, Kamis (27/9)).

Politikus Partai Golkar ini memaparkan, di DPR RI ada Badan Keahlian Dewan (BKD).

BKD bertugas mendukung kelancaran pelaksanaan wewenang dan tugas DPR RI di beberapa bidang keahlian.

Antara lain terdiri dari Pusat Perancangan Undang-Undang, Pusat Pemantau Pelaksanaan Undang-Undang, Pusat Kajian Anggaran, Pusat Kajian Akuntabilitas Keuangan Negara dan Pusat Penelitian.

"Universitas Krisnadwipayana maupun lainnya bisa bekerja sama dengan DPR RI melalui BKD. Hal ini sejalan dengan pelaksanaan teknis tridarma perguruan tinggi. DPR RI bisa memanfaatkan berbagai kajian maupun penelitian yang dibuat oleh pihak kampus sebagai bahan masukan yang berharga. Kampus bisa menjadikan DPR RI sebagai counterpart-nya sehingga kita bisa saling meningkatkan kompetensi masing-masing," papar Bamsoet

Dia meyakini perguruan tinggi bisa menjadi mitra stategis bagi DPR RI dalam menghasilkan produk legislasi yang membumi.

Ketua DPR RI Bambang Soesatyo mengatakan, pihaknya siap bekerja sama dengan berbagai perguruan tinggi dalam melakukan riset and pembangunan.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News