Bamsoet Harapkan Bansos Andalan Jokowi Bisa Tepat Sasaran

Bamsoet Harapkan Bansos Andalan Jokowi Bisa Tepat Sasaran
Presiden Joko Widodo dan Ketua DPR Bambang Soesatyo usai membayarkan zakat melalui BAZNAS di Istana Negara, Senin (28/5). Foto: DPR

jpnn.com, JAKARTA - Ketua DPR Bambang Soesatyo mengharapkan penyaluran bantuan sosial (bansos) yang menjadi program pemerintahan Joko Widodo (Jokowi) bisa tepat sasaran. Karena itu, Bamsoet -panggilan bekennya- meminta pemerintah segera membenahi data penerima program bansos.

Bamsoet mengungkapkan, perbedaan data di antara instansi pemerintah membuat bansos tak tepat sasaran. Padahal, bentuk bansos beragam, antara lain Program Keluarga Harapan (PKH), beras untuk warga sejahtera (rastra) ataupun bantuan pangan non-tunai (BPNT) lainnya.

Menurut Bamsoet, harus ada koordinasi antara Kementerian Sosial (Kemensos), Badan Pusat Statistik (BPS) dan pemerintah daerah untuk menyamakan data tentang kalangan yang berhak menerima bansos. “Lakukan pemutakhiran data bersama agar terdapat keseragaman data mengenai penerima bansos sehingga penyaluran bantuan sosial tepat sasaran,” ujar Bamsoet di Jakarta, Jumat (10/8).

Politikus Golkar itu juga meminta Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) mendorong pemerintah daerah mengerahkan aparatur di tingkat kelurahan untuk mendata warga secara berkala. Menurutnya, pendataan itu juga untuk memastikan penerima bansos sesuai dengan kriteria sebagai warga miskin.

“Melalui pendataan secara berkala akan diketahui warga yang dikategorikan miskin sesuai dengan kriteria penerima bantuan sosial dan setiap program bantuan dapat menggunakan satu sistem basis data yang sama,” tuturnya.

Selain itu, Bamsoet juga mendorong Kemensos bersama instansi terkait untuk melakukan evaluasi atas penyaluran bantuan sosial selama ini. “Agar penyaluran bantuan sosial di tahap selanjutnya dapat lebih tepat sasaran,” pungkasnya.(mam/JPC)


Ketua DPR Bambang Soesatyo mengharapkan penyaluran bantuan sosial (bansos) yang menjadi program pemerintahan Joko Widodo bisa tepat sasaran.


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News