Bamsoet Ingatkan Amin Rais: Bersikaplah Negarawan

Bamsoet Ingatkan Amin Rais: Bersikaplah Negarawan
Ketua DPR Bambang Soesatyo di Purbalingga. Foto: Humas DPR

jpnn.com, JAKARTA - Ketua DPR Bambang Soesatyo atau Bamsoet mengimbau kepada elite politik dan seluruh tokoh nasional agar mengeluarkan pernyataan yang meneduhkan, bukan membuat suasana panas. “Bersikaplah semua sebagai negarawan,” kata Bamsoet di gedung DPR, Senayan, Jakarta, Senin (1/4).

Hal ini dikatakan Bamsoet merespons pernyataan Ketua Dewan Kehormatan PAN Amien Rais, yang akan menggerakkan people power jika terjadi kecurangan Pemilu 2019.

BACA JUGA: Amien Rais Kadang-kadang Merusak Juga

Lebih lanjut, Bamsoet yang juga legislator Partai Golkar mengingatkan jangan membuat suasana semakin panas. Dia menegaskan, buatlah suasana teduh dan dingin.

“Harapan saya semua bijaksana dalam mengeluarkan statemen-statemen. Biarlah rakyat sendiri yang mementukan pilihan,” ungkapnya.

Juru debat Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo Subianto – Sandiaga Uno, Riza Patria mengatakan, yang dimaksud Amien adalah tidak ingin membiarkan adanya ketidakadilan dan kecurangan dalam Pemilu 2019.

Riza mengatakan, pihaknya sejauh ini mengapresiasi kerja keras KPU, Bawaslu, maupun DKPP mewujudkan pesta demokrasi yang luber, jurdil, dan berkualitas. “Kami mendukung, mengapresiasi. Yang dimaksud Pak Amien adalah apabila ada kecurangan yang terukur, yang dapat dibuktikan itu tidak boleh dibiarkan, tidak boleh ditolerir,” kata Riza di gedung DPR, Jakarta, Senin (1/4).

Dia menjelaskan, kecurangan berbagai macam, termasuk mengambil pengaruh kekuasaan untuk kepentingan politik. Wakil ketua Komisi II DPR itu menyatakan bahwa hal ini merupakan bentuk kecurangan dan ketidakadilan.

Bersikaplah sebagai negarawan, jangan membuat suasana semakin panas, buatlah teduh dan dingin.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News