Bamsoet Pengin Hari Konstitusi Diperingati Seluruh Elemen Bangsa, Bukan Hanya MPR

Bamsoet Pengin Hari Konstitusi Diperingati Seluruh Elemen Bangsa, Bukan Hanya MPR
Ketua MPR RI Bambang Soesatyo memberikan pidato pada Peringatan Hari Konstitusi dan HUT ke- 76 MPR RI di Gedung MPR/DPR/DPD RI, Jakarta, Rabu (18/8). Foto : Ricardo/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Ketua MPR RI Bambang Soesatyo (Bamsoet) berharap peringatan Hari Konstitusi yang digelar setiap tanggal 18 Agustus 2021 tidak hanya diperingati oleh MPR, tetapi juga seluruh elemen masyarakat.

Hal itu diungkapkan Bamsoet dalam pidatonya pada peringatan Hari Konstitusi dan Hari Ulang Tahun ke-76 MPR yang digelar di gedung Nusantara IV Parlemen Komplek Parlemen, Jakarta, Rabu (18/8).

Dia mengusulkan Hari Konstitusi bisa diperingati juga oleh pemerintah, lembaga-lembaga negara, dan seluruh masyarakat Indonesia dalam satu rangkaian dengan peringatan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia (RI).

"Saya tegaskan, konstitusi bukan hanya milik MPR, tetapi milik kita semua. Tidak ada negara tanpa konstitusi, tidak ada pemerintahan tanpa konstitusi, tidak ada lembaga-lembaga negara tanpa konstitusi," ujar Bamsoet.

Dia menerangkan bahwa peringatan Hari Konstitusi memiliki makna yang sangat mendalam, bukan hanya bagi MPR, tetapi juga bagi bangsa Indonesia.

"Sehari setelah Proklamasi Kemerdekaan, pada tanggal 18 Agustus 1945  Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 disahkan oleh Panitia Persiapan Kemerdekaan Indonesia," ucap Bamsoet.

Sebagai generasi pewaris, kata katanya, bangsa ini harus mampu memaknai bagaimana proses konseptualisasi MPR yang telah melintasi waktu melalui rangkaian perjalanan sejarah yang panjang.

Menurut dia, para pendiri bangsa dengan kejernihan pikiran dan keluasan wawasan yang melampaui zamannya, telah merumuskan sebuah majelis yang bisa mewadahi kebinekaan bangsa Indonesia. Oleh karena itu, majelis yang dibentuk mencerminkan penjelmaan seluruh rakyat Indonesia.

Ketua MPR RI Bambang Soesatyo berharap peringatan Hari Kontitusi yang digelar setiap tanggal 18 Agustus 2021 tidak hanya diperingati oleh MPR, tetapi juga seluruh kalangan masyarakat. 

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News