Bamsoet: Perguruan Tinggi Harus Lebih Inovatif

Bamsoet: Perguruan Tinggi Harus Lebih Inovatif
Bambang Soesatyo (tengah). Foto: DPR

jpnn.com, SEMARANG - Ketua DPR RI Bambang Soesatyo berharap perguruan tinggi mampu mencetak banyak pengusaha muda yang unggul dan berjiwa sosial.

Menurut pria yang karib disapa Bamsoet itu, perguruan tinggi harus memadukan dunia pendidikan dengan kebutuhan dunia kerja, khususnya di bidang kewirausahaan.

Dengan demikian, para lulusan tidak hanya mencari pekerjaan, tetapi mampu menciptakan lahan pekerjaan baru.

"Mahasiswa harus memiliki keterampilan berwirausaha agar siap memasuki dunia kerja, menciptakan lapangan kerja sendiri serta memajukan ekonomi bangsa,” ujar Bamsoet saat memberikan kuliah umum perdana bertema SDM Unggul untuk Memperkuat Spirit Entrepreneurship dan Kebangsaan Indonesia di hadapan sekitar 2.620 mahasiswa baru serta senat Universitas PGRI Semarang di Semarang, Jawa Tengah, Senin (24/9).

Dia menambahkan, salah satu syarat menjadi negara maju adalah memiliki kelompok wirausaha sekurangnya 2,5 persen dari jumlah penduduk.

“Berdasarkan Global Enterpreneurship Index terbaru, tingkat wirausaha Indonesia masih berada di posisi ke-94 dari 137 negara di dunia," kata Bamsoet.

Mantan Ketua Komisi III DPR RI ini menjelaskan, indeks pendidikan, indeks pembangunan manusia dan indeks kewirausahaan Indonesia masih rendah jika dibandingkan negara lain.

Menurut data UNDP pada 2017, indeks pendidikan Indonesia berada di urutan ketujuh negara-negara Asia Tenggara.

Ketua DPR RI Bambang Soesatyo berharap perguruan tinggi mampu mencetak banyak pengusaha muda yang unggul dan berjiwa sosial.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News