Bamsoet Resmi Menutup Lomba Free Fly Burung Macaw Se-Indonesia, Ini Daftar Pemenangnya

Bamsoet Resmi Menutup Lomba Free Fly Burung Macaw Se-Indonesia, Ini Daftar Pemenangnya
Ketua MPR Bambang Soesatyo menyerahkan trofi dan hadiah kepada para pemenang lomba free fly burung macaw se-Indonesia, Minggu (27/3). Foto: Dokumentasi Humas MPR RI

jpnn.com, DENPASAR - Ketua MPR Bambang Soesatyo resmi menutup lomba free fly Burung Paruh Bengkok (Macaw) yang berlangsung di Blackstone Beach, Bali.

Lomba yang memperebutkan piala Ketua MPR itu diikuti 300 peserta dari seluruh Indonesia yang digelar pada 26-27 Maret dengan mempertandingkan empat kelas, yakni kelas flock Macaw, kelas single Macaw, kelas medium dan kelas beauty contest.

"Lomba Free Fly Piala Ketua MPR RI menjadi ajang media gathering, silaturahmi dan sarana saling bertukar informasi antar komunitas pecinta burung paruh bengkok," kata Bamsoet yang akrab disapa saat menutup perlombaan sekaligus menyerahkan trofi kepada para pemenang, Minggu (27/3).

Pada lomba free fly Burung Paruh Bengkok (Macaw), keluar sebagai pemenang dengan hadiah tiga motor listrik Bike Smart Electric dan uang tunai Rp 7 juta, yaitu Jawa Barat (juara umum), disusul DKI Jakarta, Bali dan Jawa Timur.

Rinciannya, Fendi juara pertama dari kelas Single Macaw, Atunk juara pertama kelas flock Macaw, dan Utama Mandala juara pertama kelas medium, sedangkan kelas beauty contest dimenangkan Yusuf Ilyasin.

Dalam kesempatan itu, Bamsoet mengingatkan habitat asli satwa di dunia banyak mengalami kerusakan, baik disebabkan faktor alam maupun karena faktor campur tangan manusia contohnya akibat penebangan hutan atau de-forestasi yang terus menerus dilakukan.

"Hingga Januari 2022, hutan Amazon Brazil yang menjadi habitat bagi beberapa jenis Macaw, wilayah yang terdampak de-forestasi telah mencapai 430 kilometer persegi," beber Ketua DPR ke-20 itu.

Dia menyebut kerusakan tersebut lima kali lebih besar dari kerusakan hutan pada 2021.

Ketua MPR Bambang Soesatyo resmi menutup lomba free fly burung macaw se-Indonesia. Berikut daftar pemenangnya

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News