Hadiri Peluncuran Koperasi KTNM, Fadel Muhammad Sampaikan Sejumlah Harapan

Hadiri Peluncuran Koperasi KTNM, Fadel Muhammad Sampaikan Sejumlah Harapan
Wakil Ketua MPR Fadel Muhammad (kiri) menyaksikan penandatanganan MoU antara Bupati Gorontalo Nelson Pomalingo dengan Koperasi KTNM, PT Casagro FP, PT Charoen Pokphand Indonesia tentang pengembangan komoditi jagung di Kabupaten Gorontalo, Rabu (17/4). Foto: Dokumentasi Humas MPR RI

jpnn.com, GORONTALO - Wakil Ketua MPR Prof Fadel Muhammad mengatakan pembentukan Koperasi Konsumen Tani Nusantara Mandiri (KTNM) merupakan upaya serius Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Gorontalo untuk meningkatkan pendapatan petani dengan penguatan bibit, pupuk yang bagus dan berkualitas, serta akses pasar untuk penjualan produk.

Hal ini disampaikan Fadel Muhammad saat menghadiri dan menyaksikan peluncuran perdana Koperasi KTNM di Desa Labahu, Kecamatan Tibawa, Kabupaten Gorontalo, Rabu (17/4).

Pada kesempatan itu juga berlangsung penandatanganan MoU antara Bupati Gorontalo Nelson Pomalingo dengan Koperasi KTNM, PT Casagro FP, PT Charoen Pokphand Indonesia tentang pengembangan komoditi jagung di Kabupaten Gorontalo.

 "Memang permasalahan petani jagung di Gorontalo ini berkutat seputar bibit dan pupuk yang mahal," kata Fadel Muhammad dalam sambutannya.

Karena itu, kata Fadel Muhammad, dengan adanya koperasi dan kerja sama dengan Casagro dan Charoen Pokphand akan tersedia bibit dan pupuk yang berkualitas dan sangat terjangkau sehingga akan lebih memudahkan para petani.

Menurut Fadel, upaya yang dilakukan Bupati Gorontalo tersebut perlu mendapatkan dukungan semua pihak.

"Pada intinya, kita semua ingin petani menghasilkan pendapatan yang layak. Itu saja dulu. Jika ini berhasil, ujungnya adalah kesejahteraan petani dan rakyat meningkat dan stabil," tegasnya.

 Fadel Muhammad juga menyampaikan sebagai tahap awal upaya pengembangan komoditi jagung akan diujicobakan pupuk yang sangat bagus dan terjangkau, yakni pupuk batubara.

Wakil Ketua MPR Fadel Muhammad menyampaikan sejumlah harapan saat menghadiri peluncuran Koperasi KTNM di Desa Labahu, Kecamatan Tibawa, Kabupaten Gorontalo

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News