Bamsoet Tegaskan Pentingnya Konsensus Bersama untuk Hadapi Tantangan Kebangsaan

Bamsoet Tegaskan Pentingnya Konsensus Bersama untuk Hadapi Tantangan Kebangsaan
Ketua MPR RI Bambang Soesatyo (Bamsoet) mengatakan bangsa Indonesia akan dihadapkan pada tantangan kebangsaan yang selaras dengan kebesaran. Foto: MPR RI

jpnn.com, JAKARTA - Ketua MPR RI Bambang Soesatyo mengatakan bangsa Indonesia akan dihadapkan pada tantangan kebangsaan yang selaras dengan kebesaran, keluasan, dan kemajemukan yang dimiliki.

Menurut dia, Indonesia memiliki 17.504 pulau yang membentang di sepanjang garis katulistiwa, memiliki luas wilayah terbesar ketujuh di dunia, dan jumlah penduduk terbesar keempat di dunia.

Dia menyebut beragam tantangan kebangsaan tersebut digambarkan secara komprehensif dalam Ketetapan MPR Nomor VI Tahun 2001 tentang Etika Kehidupan Berbangsa, antara lain masih lemahnya penghayatan dan pengamalan agama.

"Kurang berkembangnya pemahaman dan penghargaan atas kebhinekaan dan kemajemukan, kurangnya keteladanan dalam sikap dan perilaku sebagian pemimpin dan tokoh bangsa serta belum optimalnya penegakan hukum," ujar Bamsoet -panggilan akrab Bambang Soesatyo- dalam acara Sosialisasi Empat Pilar MPR RI secara daring di Jakarta, Kamis (15/12).

Wakil Ketua Partai Golkar itu menjelaskan, berbagai tantangan kebangsaan yang dinarasikan oleh MPR pada 21 tahun lalu, masih sangat relevan, dan kontekstual dengan kondisi kebangsaan dewasa ini.

Semisal, pemaknaan ajaran agama secara sempit menjadi pintu masuk bagi paham radikalisme dan aksi terorisme.

Sebagai langkah preventif, sepanjang 2020 hingga Maret 2022, tercatat Densus 88 menangkap 658 anggota jaringan terorisme.

Meski demikian, aksi terorisme masih saja menemukan celah untuk menjalankan aksinya.

Misalnya belum lama ini terjadi aksi bom bunuh diri di Mapolsek Astanaanyar, Bandung.

"Penghormatan terhadap kebhinekaan dan kemajemukan masih menyisakan pekerjaan rumah yang harus kami selesaikan bersama," urai Bamsoet.

Ketua MPR RI Bambang Soesatyo (Bamsoet) mengatakan bangsa Indonesia akan dihadapkan pada tantangan kebangsaan yang selaras dengan kebesaran.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News