Bamsoet: Vaksinasi Covid-19 Indonesia Peringkat Pertama di Asia Tenggara

Bamsoet: Vaksinasi Covid-19 Indonesia Peringkat Pertama di Asia Tenggara
Gerak BS dan Sukarelawan 4 Pilar MPR RI Gelar Vaksinisasi Gratis Tahap II. Foto: humas MPR RI

jpnn.com, JAKARTA - Ketua MPR RI Bambang Soesatyo (Bamsoet) mengatakan hingga 22 Agustus 2021, tercatat sudah lebih dari 4,965 miliar dosis vaksin Covid-19 dari berbagai merk farmasi yang disuntikan kepada warga dunia.

Secara berurutan, Tiongkok berada di peringkat pertama dengan telah menyuntikan lebih dari 1,8 miliar dosis vaksin Covid-19, sedangkan Indonesia berada di peringkat ke delapan dengan telah menyuntikan 88.941.175 dosis vaksin Corona.

Di atas Indonesia ada negara-negara besar seperti India (580,771 juta dosis vaksin), Amerika Serikat (362,657 juta dosis vaksin), Brasil (176,616 juta dosis vaksin), Jepang (118,310 juta dosis vaksin), Jerman (99,340 juta dosis vaksin), dan Britania Raya (89,941 juta dosis vaksin).

"Artinya, pelaksanaan vaksinasi Covid-19 di Indonesia berjalan baik. Tidak kalah cepat dibanding negara-negara besar lainnya. Bahkan di Asia Tenggara, Indonesia berada di peringkat pertama," kata Bamsoet di Jakarta, Selasa (24/8).

Bamsoet mengatakan di bawah Indonesia ada Malaysia yang sudah menyuntikan sekitar 31,281 juta dosis vaksin Covid-19. Kecepatan vaksinasi di Indonesia tidak lepas dari kerja keras semua pihak yang telah bergotong royong menyelenggarakannya di berbagai tempat.

Mantan ketua DPR RI itu menjelaskan, salah satu bentuk gotong royong penyelenggaraan vaksinasi dilakukan oleh organisasi kemasyarakatan Gerakan Keadilan Bangun Solidaritas (GERAK BS), Relawan 4 Pilar MPR RI dan Asosiasi Penjualan Langsung Indonesia (APLI).

Kegiatan itu didukung Pengurus Pusat Ikatan Motor Indonesia (PP IMI), Motor Besar Indonesia (MBI), Forum Komunikasi Putra-Putri TNI-Polri dan Putra-Putri Purnawirawan TNI-Polri (FKPPI), Pansaka, Hotel Sultan Jakarta, Dinas Kesehatan DKI Jakarta serta RS Islam Jakarta Cempaka Putih.

"Berkat gotong royong tersebut, mereka kini dalam tahap proses penyuntikan dosis kedua vaksin Covid-19 kepada lebih dari sepuluh ribu pelajar SMP, SMA, Madrasah Aliyah, dan Pesantren, serta masyarakat umum dan warga negara asing (WNA)," tutur Bamsoet.

Ketua MPR RI Bambang Soesatyo (Bamsoet) menyebut kecepatan vaksinasi Covid-19 di Indonesia peringkat pertama di Asia Tenggara, berkat gotong royong berbagai elemen bangsa.